Sukses

3 Pekerjaan Bergaji Tinggi Buat Lulusan SMA

Liputan6.com, New York - - Baru-baru ini, perusahaan analisis dan investigasi keuangan 24/7 Wall St mengeluarkan laporan mengenai beberapa pekerjaan di dunia dengan gaji besar. Menariknya, ada beberapa pekerjaan dengan gaji besar yang tidak perlu pendidikan yang tinggi tetapi hanya cukup setingkat SMA saja.

Dikutip dari time.com, Jumat (23/9/2016), dalam laporan tersebut, terdapat kurang lebih 150 pekerjaan yang telah disurvei. Hasilnya, jika dirata-rata, gaji atau pendapatan bagi lulusan perguruan tinggi lebih tinggi US$ 23 ribu per tahun atau lebih tinggi Rp 30 juta per tahun (estimasi kurs 13.120 per dolar AS) jika dibandingkan dengan lulusan SMA.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan ada beberapa pekerjaan bagi lulusan SMA yang bisa mendapatkan gaji tinggi. Bahkan, rata-rata gaji beberapa pekerjaan tersebut bisa mencapai US$ 60 ribu per tahun atau sekitar Rp 787,2 juta per tahun.

Memang, untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut tak cukup hanya sekedar lulus SMA saja namun harus menempuh beberapa pelatihan khusus untuk menambah ketrampilan dan harus bersertifikat. Selain itu, tidak semua daerah memberikan pendapatan yang tinggi melainkan wilayan-wilayah tertentu saja yang memberikan gaji tinggi.

Lalu pekerjaan apa saja itu? Berikut 3 pekerjaan buat lulusan SMA dengan gaji tinggi:

1. Teknisi elevator (lift)

Dalam laporan tersebut, kebanyakan teknisi elevator sangat menyukai pekerjaan mereka. Orang-orang yang bekerja di sektor ini rata-rata pendapatannya US$ 79.978 atau Rp 1,04 miliar.

Wajar saja teknisi elevator mendapat pendapatan tinggi karena jika terjadi masalah, mereka harus bisa memecahkan masalah tersebut dengan cepat dalam situasi tekanan yang tinggi.

Namun memang, jumlah pendapatan tersebut tidak bisa dipukul rata. Ada beberapa daerah yang memberikan gaji bagi teknisi elevator berada di bawah rata-rata.

1 dari 3 halaman

Detektif atau penyidik swasta

2. Detektif atau penyidik swasta

Gelar sarjana bukan menjadi syarat utama untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini. Untuk bisa menguasai pekerjaan ini perlu adanya beberapa pelatihan tambahan. Pekerjaan ini menuntut profesionalitas.

Rata-rata pendapatan yang bisa didapat dari pekerjaan ini bisa mencapai US$ 55.250 per tahun atau kurang lebih Rp 724,88 juta per tahun.

Namun memang, untuk bisa mendapatkan pendapatan tersebut harus bisa memberikan kepuasan kepada klien. Semakin klien puas maka semakin tinggi pula pendapatan yang bisa didapat.

2 dari 3 halaman

Operator kereta bawah tanah

3. Operator kereta bawah tanah

Transportasi umum merupakan pilihan populer dan praktis bagi banyak orang yang tinggal di kota-kota besar. Kota-kota seperti Chicago, New York, San Francisco, dan Washington DC memiliki angkutan umum jaringan luas yang masing-masing melayani puluhan juta warga.

Untuk mengoperasikan transportasi umum tersebut tidak memerlukan pendidikan tinggi. Bagi lulusan SMA cukup menambah ketrampilan dengan kursus khusus saja.

Bagi pekerjaan ini, pendapatan yang bisa diraih bisa mencapai US$ 62 ribu per tahun atau sekitar Rp 813,44 juta.

Namun memang, pekerjaan ini memilik tingkat stres yang tinggi karena rutinitas dan perlu tanggung jawab yang besar jika harus melakukan evakuasi jika terjadi keadaan darurat.

Subway dan trem operator mungkin bertanggung jawab untuk mengarahkan evakuasi darurat, dan mayoritas pekerja di laporan lapangan berurusan dengan orang-orang yang tidak menyenangkan atau marah setiap hari. (Gdn/Ndw)