Sukses

Punya Uang Pas-pasan tapi Ingin Belanja? Ini Caranya

Dengan uang pas-pasan Anda masih bisa berbelanja kebutuhan dengan menggunakan beberapa taktik berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi keuangan di akhir bulan sering membuat banyak orang mengernyitkan dahi. Pasalnya, uang gaji yang didapat sering hanya tersisa sedikit untuk bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tapi Anda tidak harus khawatir. Dengan uang pas-pasan Anda masih bisa berbelanja kebutuhan dengan menggunakan beberapa taktik berikut.

Dilansir dari laman wikihow.com, Selasa (21/9/2016) berikut ulasannya:

1. Beli makanan terlebih dahulu

Sisihkan uang Anda terlebih dahulu untuk membeli makanan. Makanan dengan tingkat kadar luarsa cepat seperti susu, telur, keju ataupun roti menjadi makanan yang harus Anda prioritaskan.

Untuk lebih menghemat, Anda juga bisa mengganti buah-buahan dengan buah-buahan kaleng sehingga dapat bertahan lebih lama.

2. Buat perencanaan dengan jelas

Sebelum berbelanja, buatlah terlebih dahulu perencanaan yang jelas. Rencana ini dapat berguna agar Anda dapat menentukan dengan baik apa saja barang yang ingin Anda beli.

Kelebihan berbelanja juga bisa diantisipasi apabila Anda sudah merencanakan hal tersebut dari jauh-jauh hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

bandingkan beberapa jenis merek

3. Membandingkan beberapa jenis merek

Biasanya beberapa merek memiliki perbedaan harga yang signifikan. Sebelum membeli, Anda bisa membandingkan beberapa merek produk untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.

4. Beli dengan jumlah banyak

Bahan keperluan kering seperti tisu maupun kertas bisa Anda beli dalam jumlah yang lebih banyak. Selain bisa membuat persediaan lebih lama, membeli barang dalam jumlah banyak juga dapat membuat Anda menghemat anggaran belanja.

3 dari 3 halaman

Catat pengeluaran

5. Catat pengeluaran

Pastikan Anda mencatat berapa anggaran yang diperlukan untuk berbelanja. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kelebihan pengeluaran (over spending) saat berbelanja. Anda juga akan lebih mudah melacak untuk apa saja uang Anda digunakan.

6. Pakai kupon belanja

Beberapa supermarket menyediakan kupon belanja untuk produk-produk tertentu. Tidak ada salahnya menggunakan hal ini agar proses belanja Anda bisa lebih hemat. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini