Sukses

6 Cara Jitu Hemat Biaya Pernikahan

Liputan6.com, New York - Dalam kehidupan, banyak orang berharap hanya menempuh pernikahan sekali dalam seumur hidup. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak yang jor-joran mengeluarkan dana untuk menyelenggarakan sebuah pernikahan.

Namun sebenarnya, keputusan untuk menghambur-hamburkan uang simpanan untuk menyelenggarakan sebuah pernikahan bukanlah pilihan yang cukup tepat. Bagi keluarga baru, banyak biaya yang harus disiapkan setelah menikah.

Dikutip dari lifehack.org, Jumat (23/9/2016), ada beberapa cara yang bisa dijalankan untuk menghemat biaya pernikahan.

Tenang saja, penghematan ini tidak akan membuat pesta pernikahan Anda terlihat berantakan, tetapi masih bisa membuat pesta pernikahan Anda terlihat luar biasa yang terkenang seumur hidup.

Berikut ini 6 tips menghemat biaya pernikahan:

1. Mengurangi biaya katering

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah pemotongan biaya makanan dan minuman bagi setiap tamu yang diundang. Tapi ingat, Anda jangan memangkas tamu yang akan diundang karena kehadiran tamu akan menyemarakkan pesta pernikahan Anda.

Jika biasanya Ada 6 jenis makanan, Anda bisa memangkas menjadi hanya 5 jenis makanan yang dihidangkan. Tapi ingat, saat memilih katering Anda harus merasakan karena rasa tersebut akan terkenang terus oleh tamu undangan.

2. Pilih gedung pernikahan yang menyediakan semua fasilitas

Ada beberapa gedung yang khusus memang digunakan untuk pernikahan yang memberikan fasilitas tambahan. Manajemen gedung tersebut biasanya juga menyediakan fasilitas lain seperti katering, dekorasi, musik pengiring dan lainnya.

Menariknya, biasanya kalau Anda memesan paket pernikahan di gedung tersebut akan ada diskon-diskon tertentu yang berujung kepada penghematan.

Namun ingat, meskipun ada diskon, Anda tetap harus membandingkan dengan layanan lainnya. Jika misalnya memang ternyata ada vendor dekorasi yang bisa memberikan biaya yang lebih murah maka bisa Anda manfaatkan.

1 dari 3 halaman

Pilih hari kerja

3. Pilih hari kerja

Merayakan pernikahan di luar hari Sabtu atau Minggu bisa menghemat banyak uang. Anda dapat menghemat biaya pernikahan dengan memilih mengadakan pesta di hari Rabu dibandingkan dengan Sabtu.

Namun memang, ada risiko karena banyak tamu yang kerja. Artinya Anda hanya bisa mengundang kerabat yang benar-benar dekat yang mau mengambil cuti untuk datang ke pernikahan Anda.

Anda juga dapat memutuskan untuk memilih pada menikah di bulan Desember jika dibanding bulan yang biasa untuk menikah yaitu Juni dan Oktober.

4. Pilih dokumentasi yang tepat

Ada banyak pilihan fotografer dan videografer profesional yang mengkhususkan diri pada pernikahan. Sebagian besar memberikan harga wajar.

Mencari layanan yang murah namun bagus di internet merupakan salah satu cara untuk menghemat biaya sesuai dengan anggaran Anda.

2 dari 3 halaman

Dekorasi

5. Gunakan dekorasi sederhana

Jangan menghabiskan terlalu banyak uang pada dekorasi. Ada banyak barang-barang dekoratif yang murah seperti balon di pasar saat ini. Anda juga dapat memutuskan untuk meminjam dekorasi dari keluarga dan teman-teman.

Dengan meminjam, Anda tidak akan dikenakan biaya apa-apa, tapi masih menambah kecantikan dan pesona.

6. Cari pakaian pernikahan di internet

Sama sekali tidak ada keraguan bahwa cara terbaik untuk menemukan pakaian pernikahan murah adalah melalui internet. Anda bisa menemukan gaun pengantin yang indah dengan harga yang terjangkau.

Pengantin pria juga bisa mendapatkan keuntungan besar dari belanja online di toko menawarkan diskon yang baik. Beberapa toko yang menjual gaun pengantin yang terjangkau. 

Video Populer

Foto Populer