Sukses

Ini Rahasia Sukses CEO Dunia

Belajar dari para pemimpin besar adalah salah satu cara menjadi yang terbaik dalam bidang yang kita tekuni.

Liputan6.com, Jakarta - Belajar dari para pemimpin besar adalah salah satu cara menjadi yang terbaik dalam bidang yang kita tekuni. Banyak di antara mereka meniti karier dari bawah dengan menekuni apa yang mereka sukai.

Meski menemui hambatan dan banyak yang meragukan, mereka tidak menyerah. Tentu saja, keyakinan merupakan buah observasi dan analisa, juga tentunya prediksi dan pengambilan risiko.

Nah, apa saja tips dari para CEO ternama dunia? Berikut kutipan-kutipan menarik yang mungkin bisa menginspirasimu seperti dikutip dari Karir.com:

1. Mary Barra, CEO General Motors

“Lakukan hal yang membuatmu bersemangat, hal yang kamu sukai. Jika kamu mengerjakan hal-hal ini, niscaya kamu akan berhasil, dan kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal lain yang terjadi di kemudian hari. Banyak kesempatan dan pilihan, pilih yang membuatmu bersemangat.”

2. Marc Andreessen, Co-founder Andreessen Horowitz

“Dari Steve Martin dalam bukunya ‘Born Standing Up’: jadilah yang terbaik hingga orang tak bisa mengabaikanmu.”

3. Jeffrey Katzenberg, Co-founder DreamWorks

Saat ditanya nasihat terbaik apa yang ingin diberikan, Jeffrey menjawab, “Bagi saya, baik itu dalam tugas kecil atau besar, jika kita bisa memberikan lebih dari yang diharapkan, pasti kita akan dihargai dan mendapat timbal balik. Di DreamWorks, dalam setiap film yang kami buat, kami memulainya dengan ambisi dan tujuan untuk melebihi harapan penonton. Kami tidak selalu berhasil setiap saat, dan Anda pun mungkin tidak, namun sudah barang tentu kita mencoba.”

4. Meg Whitman, CEO Hewlett-Packard

“Lakukan apa yang Anda sukai, karena kita menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Saya kurang lebih sudah menghabiskan 150 jam dalam beberapa minggu terakhir. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan apa yang Anda sukai dan mengerjakannya dengan orang-orang yang Anda sukai. Saya sangat puas dengan tim saya, sangat menikmati waktu berkolaborasi bersama mereka dalam menemukan solusi. Itulah mengapa menurut saya siapa tim dan orang-orang yang bekerja bersama Anda menjadi sangat penting.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indra Nooyi, CEO PepsiCo

5. Indra Nooyi, CEO PepsiCo

“Lakukan tugas-tugas berat. Tidak ada yang akan melihat kerja keras Anda jika Anda melakukan tugas-tugas kecil. Tantang diri Anda untuk melakukan tugas berat dan menyelesaikan masalah yang tidak bisa diselesaikan orang lain. Itulah cara menjadi pemimpin yang dipercaya dalam organisasi. Jangan pernah berhenti belajar, baik Anda seorang lulusan baru atau CEO. Belajar bukan berarti Anda lemah, malahan pemimpin-pemimpin terkuat adalah mereka yang mau belajar seumur hidupnya.”

6. Lloyd Blankfein, CEO Goldman Sachs

“Berfokuslah menjadi pribadi yang utuh. Setiap orang tentu ingin fokus pada apa yang dikerjakannya, namun pekerjaan bukanlah tujuan akhir. Pekerjaan hanyalah alat untuk mencapai tujuan. Anda harus membuka diri pada hal-hal yang lebih besar, yang pada akhirnya akan menguntungkan bagi karir Anda karena membuat Anda semakin menarik bagi orang lain.”

7. Melinda Gates, Co-chair Bill & Melinda Gates Foundation

“Tidak mudah bagi perempuan yang sudah berkeluarga untuk melakoni peran dalam pekerjaan, karir dan kesibukan lainnya. Jika saya meninggal nanti, saya ingin orang berpikir bahwa saya adalah ibu yang hebat, anggota keluarga yang hebat dan teman yang hebat. Tidak ada yang lebih penting bagi saya selain itu. Namun, anak-anak saya tetap menjadi prioritas utama.”

3 dari 3 halaman

Megyn Kelly, Penyiar Fox News

8. Megyn Kelly, Penyiar Fox News

“Bos saya pernah mengatakan, ‘Orang akan menirumu. Mereka akan mencoba melakukan apa yang kamu lakukan. Tidak perlu mengkhawatirkan hal itu. Apapun yang kamu lakukan yang membedakanmu dengan orang lain memang bisa ditiru, namun mereka tidak akan pernah menjadi orang yang sama denganmu, yang memberikan hasil yang sama, dengan karunia yang sama, dan lain sebagainya.’ Jika Anda mampu menerima itu semua, Anda akan merasa utuh.”

9. Jen-Hsun Huang, CEO Nvidia

“Seperti anak-anak, lihatlah dunia tanpa prasangka. Selalu ingin tahu dan terus belajar. Berpikir, namun tidak melebih-lebihkan. Satu-satunya cara untuk mengetahui sesuatu adalah dengan mencoba. Jika melakukan kesalahan, evaluasi, coba lagi. Anda bisa belajar dari siapa saja, namun tetaplah menjadi diri sendiri. Yakini apa yang Anda ciptakan karena akan memberi Anda arti hidup. Yakinlah bahwa Anda dan orang-orang di sekitar Anda akan berhasil. Jika Anda yakin, keajaiban pasti terjadi. Tuangkan semua yang Anda miliki pada apa yang Anda kerjakan. Berhasil atau tidak, Anda tidak akan menyesal karena sudah melakukan yang terbaik. Saya mempraktekkan prinsip-prinsip itu setiap hari, dan hingga hari ini selalu memberi saya hasil yang baik.”

10. Rick Goings, CEO Tupperware Brands

“Sangat bisa dimengerti jika resume, bio dan perkenalan publik selalu menceritakan prestasi dan penghargaan. Namun jangan lupa, kegagalan merupakan bagian penting yang ikut membentuk diri kita. Kegagalan menjadikan siapa kita saat ini.”

Ingin update informasi seputar dunia karier, silakan cek di Karir.com!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini