Sukses

Orang Kaya Punya 5 Kesamaan Ini

Banyak yang menjadi sukses meski awalnya tidak memiliki apa-apa. Namun, ternyata orang kaya juga memiliki kesamaan.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang bisa menghasilkan US$ 1 juta atau sekitar Rp 13,08 miliar (asumsi kurs Rp 13.085 per dolar Amerika Serikat (AS).

Sekelas artis Hollywood memang banyak yang mampu menghasilkan jutaan dolar AS sekali berakting di layar kaca, tapi ada juga orang-orang yang menjadi kaya bukan dengan cara instan.

Orang-orang kaya tersebut di antaranya adalah pebisnis, penulis, dan desainer. Mereka harus mencoba berkali-kali, gagal berkali-kali, hingga akhirnya berhasil.

Banyak yang menjadi sukses meski awalnya tidak memiliki apa-apa. Yang mengejutkan, ternyata mereka punya banyak kesamaan. Berikut kesamaan para orang kaya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (26/9/2016):

1. Mereka bertahan

Beberapa orang beruntung karena dilahirkan dalam keluarga kaya. Beberapa orang lagi cukup beruntung karena menang undian sehingga menjadi kaya dalam semalam.

Banyak selebriti seperti Eminem dan Elton John mengalami masa kecil yang sulit sehingga mereka harus benar-benar bekerja keras untuk menjadi seperti sekarang.

Mereka yang saat ini menjadi sukses punya kemampuan bertahan saat didera cobaan. Selain Eminem dan Elton John, ada Steve Jobs yang tidak menyukai sekolah, namun tetap belajar elektronik dengan caranya sendirinya.

Orang yang kaya karena jerih payah sendiri mencari cara untuk mengatasi kesulitan, bukannya menyerah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hargai Hubungan dengan Orang Lain

2. Mereka menghargai hubungan dengan orang lain

Menurut Thomas Corley, orang yang menghabiskan lima tahun untuk menganalisis kepribadian orang kaya dan orang miskin, kebanyakan orang kaya memiliki sikap optimis. Selain itu, orang kaya juga menghargai hubungan dengan orang lain.

Sebanyak 88 persen orang kaya yang diteliti percaya jika hubungan dengan orang lain berkaitan erat dengan kesuksesan keuangan. Sedangkan 68 persen berkata kalau mereka senang bertemu dengan orang baru.

Kecuali kalau Anda memang seorang penemu, sulit untuk menjadi sukses tanpa bantuan orang lain. Hubungan dengan orang lain dan jaringan merupakan hal penting untuk membangun bisnis dan imej. Semua selebriti harus bekerja sama dengan orang lain demi meraih popularitas.

Mereka juga harus menjaga imej di depan fans. Imej yang buruk membuat mereka tidak disukai. Kemudian tawaran mulai turun dan berimbas pada keuntungan finansial.

Oleh karena itu, orang kaya yang meraih kekayaan berkat usaha sendiri paham kalau hubungan dengan orang lain harus dijaga.

3. Menyenangi apa yang mereka kerjakan

Corley juga menemukan 85 persen  responden orang kaya menyukai apa yang mereka lakukan. Sebanyak 81 persen dari bekerja di luar kewajiban, dan 75 persen setuju kalau kreativitas sangat mendukung kesuksesan finansial. Mereka tidak gampang mengeluh saat harus lembur, dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.

Selain itu, kebanyakan orang kaya yang diteliti Corley punya aset cair hingga US$ 3,2 juta atau lebih. Menikmati pekerjaan adalah kunci menjadi kaya.

Ketika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda  tidak keberatan untuk bekerja lebih keras. Sulit untuk menjadi kaya kalau Anda  mudah bosan dan benci dengan yang Anda kerjakan.

3 dari 3 halaman

Jaga Kesehatan

4. Orang kaya menjaga kesehatan

Studi yang sama juga menemukan kalau 85 persen orang kaya percaya kesehatan sangat penting. Sulit untuk bekerja keras kalau Anda sehat.

Kesehatan merupakan harta yang tak ternilai bagi atlet terkenal dan kaya seperti Serena Williams (yang punya kekayaan US$ 160 juta). Jika mereka tidak sehat, mereka tidak bisa berkompetisi.

Kesehatan di sini berarti fisik dan mental. Bahkan mereka yang tidak terlalu menggunakan fisik seperti penulis J.K. Rowling dan Nicholas Sparks harus menjaga kesehatan supaya bisa mendapat inspirasi saat menulis.

5. Orang kaya menghargai uang

Jelas ada banyak jutawan yang kaya karena usaha sendiri tidak menghargai uang. Sudah banyak selebriti Hollywood yang terkenal kaya namun dinyatakan bangkrut. Namun banyak orang kaya yang meniti dari nol sangat menghargai uang.

Menurut Rhett Power, penulis untuk Inc., orang kaya masih menabung. Mereka berhemat dan bijak dalam mengelola uang. Mereka berinvestasi, menghargai pendidikan, dan mereka juga mengajar anak-anak mereka nilai uang.

Menurut Thomas Corley, 88 persen orang kaya setuju menabung sangat penting untuk kesuksesan finansial. Masuk akal karena jika Anda menghabiskan semua uang yang Anda miliki, Anda bisa jatuh miskin.

Orang kaya berasal dari berbagai macam kalangan; selebritas, atlet, pengusaha, penemu, penulis, dan lain-lain. Termasuk mereka yang berkepribadian introvert, ekstrovert, dan orang-orang dari semua latar belakang yang berbeda.  

Kesamaan dari mereka adalah kemampuan untuk memprioritaskan hubungan dan kesehatan mereka, menghemat uang, dan bekerja keras sambil menikmati apa yang mereka lakukan. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini