Sukses

6 Cara Sederhana Biar Makin Kaya di 2017

Menjadi kaya atau berpenghasilan tinggi bukan hanya semata mengejar uang, melainkan deretan kenyamanan dan keamanan yang ada di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya atau berpenghasilan tinggi bukan hanya semata mengejar uang, melainkan deretan kenyamanan dan keamanan yang ada di baliknya -memiliki gaya hidup yang diingini diri dan keluarga kita, sigap menghadapi situasi yang tidak diinginkan dan keamanan secara finansial.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan penghasilan kita, selain langkah cepat memenangkan undian berhadiah miliaran rupiah atau menikahi orang kaya? Sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk melakukan itu.

Bahkan mungkin sangat sederhana terdengarnya hingga tidak kita menyadari mengapa tidak dilakukan dari dulu. Dari cara mendapatkan langsung pendapatan lebih hingga langkah bijak berhemat, ini 6 tips yang dapat dilakukan mulai dari sekarang bila menginginkan indahnya barisan angka yang ada di rekening bank Anda:

1. Menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan

Apa kesamaan yang dimiliki dari orang-orang terkaya di dunia? Mereka semua cinta dan senang dengan apa yang mereka lakukan. Jika mereka tidak cinta dan senang, mereka tidak akan mampu bertahan untuk jangka waktu lama menjadi status tersebut.

Bangun tidur Anda akan menjadi lebih mudah ketika kita punya minat dan semangat pada pekerjaan akan kita lakukan setiap harinya. Jadi, apabila Anda merasa sangat baik pada suatu hal dan senang melakukannya, Anda harus melakukannya secara maksimal dan menjadikannya uang dari hobi Anda itu.

Contoh sederhana adalah para musisi terkenal, yang membawa hobi bernyanyi dan bermain alat musiknya ke tahap yang lebih serius melalui album rekaman atau lagu yang dapat dijual. Atau jika Anda menyukai dunia menulis, Anda dapat memulainya dengan menjadi penulis lepas.

Banyak sekali hobi yang apabila Anda pikirkan lebih jauh dapat diubah menjadi sumber penghasilan yang berpotensial, walau itu hanya menulis di blog atau membuat video di situs Youtube.

2. Menjadi sang minimalis

Menjadi minimalis, seseorang yang cenderung berpegang pada hal-hal tidak belebihan, hanya memiliki sesuatu dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan, mungkin bukan menjadi hal termudah untuk dilakukan, namun paling tidak, yang bisa diaplikasikan adalah menyederhanakan hidup Anda.

Seperti, apakah Anda benar-benar membutuhkan 10 pasang sepatu? Mungkin tidak. Saat Anda terbiasa menikmati apa yang Anda punya dan berhenti terobsesi dengan suatu barang, Anda akan sadar bahwa Anda telat berhemat banyak uang.

Orang kaya tahu persis bahwa membandingkan diri ke dalam sebuah kelompok dengan kelas sosial yang lebih atas hanya akan berujung pada kebangkrutan finansial. Banyak miliarder dan jutawan dunia yang merupakan orang-orang berhemat.

Contohnya, lemari Mark Zuckerberg dipenuhi dengan kaos-kaos polos berwarna abu-abu. Jelas, Mark bisa membeli pakaian mewah Armani dan ratusan pasang Jordans, tapi dia tahu bahwa barang-barang tersebut tidak benar-benar diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Kesehatan

3. Investasi Kesehatan

Kekayaaan juga berarti menjadi sehat, bahagia dan aman secara finansial. Jika Anda tidak sehat, bagaimana bisa Anda beraktivitas atau menjalankan bisnis Anda setiap hari? Jika Anda tidak sehat, apa arti memiliki banyak uang tetapi Anda tidak bisa benar-benar menikmatinya?

Ketika Anda berinvestasi untuk kesehatan Anda, baik secara mental maupun fisik, Anda akan merasa jauh lebih enerjik dan termotivasi untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi. Memungkinkan Anda juga untuk mengambil proyek tambahan atau bisnis sampingan yang anda cita-citakan.

Dampak lainnya, Anda menjadi pribadi yang menyenangkan ketika bersosialisasi, atraktif bagi banyak orang. Dan tentu saja, Anda tidak perlu membuang banyak uang untuk pengobatan atau penyembuhan suatu penyakit.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat ini juga untuk investasi kesehatan Anda adalah: berolahraga (tidak harus bergabung di sebuah gym, Anda dapat melakukannya dengan berlari atau jogging di taman dekat rumah atau kantor Anda), makan makanan rumah (tidak termasuk untuk makan yang sudah diproses atau siap saji dengan microwave), dan waktu yang terjadwal untuk beristirahat.

3 dari 4 halaman

Investasi Uang

4. Investasi uang

Menyimpan uang adalah hal yang sangat baik, tapi menginvestasikannya (dengan benar) lebih baik lagi. Memang bukanlah hal yang mudah untuk menginvestasikan uang Anda. Dan kalaupun Anda merasa itu bukanlah suatu kesulitan, Anda harus paham apa yang menjadi risiko dan keuntungannya.

Jadi, hal mendasar yang harus dilakukan adalah mencari tahu dan tentukan tipe investasi yang sesuai dengan keinginan dan karakter Anda. Saat Anda tahu betul pilihan Anda (emas, deposito, reksadana, saham, atau properti) proses investasi akan menjadi mudah dan Anda akan mendapatkan pendapatan pasif (Anda bahkan hanya perlu untuk duduk manis dan melihat uang-uang masuk ke rekening Anda).

 
5. Negosiasi gaji dan tagihan Anda

Satu hal yang ditekankan pada banyak buku tentang berhemat adalah seni bernegosiasi. Jika Anda tahu caranya bernegosiasi dengan tepat, anda dapat mengurangi tagihan dan barang-barang yang anda beli, dan bahkan naik gaji.

Amati pengeluaran bulanan Anda dan akan selalu ada paling tidak lebih dari dua pengeluaran yang bisa dinegosiasi. Satu cara terbaik yang tidak perlu dipertanyakan untuk menaikkan kesejahteraan Anda adalah meningkatkan pendapatan Anda.

Tentu saja, anda dapat melakukan itu dengan mencari pekerjaan yang lebih baik atau menambah pekerjaan sampingan. Untuk mudahnya dan yang paling terdekat yang anda bisa lakukan, ajukan negosiasi kenaikan gaji ke atasan anda!

Tapi sebelumnya, evaluasi dan riset untuk Anda berlaku realistis dan adil dalam bernegosiasi. Juga, siapkan alasan kuat mengapa anda pantas untuk kenaikan gaji (masa kerja, kinerja Anda, dll).

4 dari 4 halaman

Minum air putih

6. Minum air putih

Air putih itu baik untuk banyak hal, seperti mengobati sakit kepala, membuat kulit lebih cerah, menyegarkan dan masih banyak lagi. Jika Anda mau berkomitmen untuk berhenti membeli minuman selain air putih, Anda akan melihat perubahan yang signifikan.

Pertama, Anda akan menyadari bahwa Anda secara langsung menghemat uang dengan tidak mampir di kedai kopi atau kafe sekitar Anda.

Tapi juga Anda secara tidak langsung memperbaiki kesehatan Anda dengan tidak lagi mengkonsumsi minuman gula, berhemat pada budget medikal atau kosmetik Anda, dan bahkan bisa menghilangkan kebutuhan perawatan kulit.

Energi Anda akan meningkat karena Anda tidak lagi ketergantungan pada minuman berkafein atau gula, minuman yang juga membuat tubuh Anda dehidrasi. Seorang penulis pernah menghitung bahwa dengan pilihannya untuk hanya minum air putih dia dapat mengamankan uang hingga Rp 800 ribu dalam sebulan.

(Aristiawan/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini