Sukses

4 Tips Agar Resume Anda Terlihat Profesional

Beberapa perusahaan besar terus membuka kesempatan berkarier baik untuk lulusan baru maupun mereka yang sudah berpengalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa perusahaan besar terus membuka kesempatan berkarier baik untuk lulusan baru maupun mereka yang sudah berpengalaman. Tak jarang, kesempatan berkarier tersebut difasilitasi oleh beberapa perguruan tinggi dengan menggelar job fair. Tentu saja, dengan adanya job fair tersebut mempermudah perusahaan maupun pelamar. 

Di sisi lain, dengan adanya job fair tersebut bukan berarti pelamar tidak perlu berjuang. Alasannya, sudah bisa dipartikan setiap job fair akan dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan pelamar. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan pekerjaan, harus memiliki nilai tambah.

 

Salah satu yang bisa ditawarkan adalah dengan mempersiapkan resume atau curriculum vitae (CV) yang menarik. Pertanyaan yang akan timbul adalah bagaimana caranya membuat resume yang menarik?

Tentu saja, resume tersebut harus menjelaskan keahlian dan riwayat kerja (bila ada) dan ada kaitannya dengan posisi kerja yang dilamar.

Di sisi lain, desain resume pun hal penting yang membuat resume terlihat menarik. Berikut ada beberapa tips cara membuat resume yang menarik seperti dilansir dari envato.com, Jumat (23/9/2016): 

1. Mudah dibaca

Resume yang rumit dengan memasukkan informasi yang kurang relevan dan tidak penting sama saja seperti membuat HRD malas untuk membaca.

Rahasia membuat resume adalah hanya masukkan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Lalu, hilangkan informasi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Fokus dan singkat

Tidak hanya menjelaskan pengalaman bekerja, tetapi resume harus menceritakan prestasi atau penghargaan yang diraih. Lalu, tekankan pada apa yang  dilakukan di pekerjaan sebelumnya dibandingkan menjelaskan apa pekerjaan sebelumnya.

Selain itu, daripada hanya mendeskripsikan pekerjaan, lebih baik Anda pusatkan resume pada tantangan pekerjaan sebelumnya dan cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Unik dan Berbeda

3. Berbeda dari yang lain

Resume yang menarik harus terlihat menjual ke setiap perusahaan. Caranya adalah ceritakan hal yang sudah dilakukan sejauh ini, mampu untuk bersaing dan berprestasi, serta alasan Anda berbeda dan lebih baik dibandingkan pesaing lainnya.

Di sisi lain, jadikan resume Anda sebagai peluang pemasaran. Mungkin dengan menambahkan foto pribadi dan warna sudah dapat menarik perhatian perusahaan untuk memanggil Anda.

4. Desain yang unik

Tentu saja sebuah resume harus terlihat berkesan. Tetapi bagaimana agar resume terlihat unik untuk dibaca dan dilihat?

Langkah pertama yaitu buat kolom yang sesuai dengan informasi yang akan dimasukkan contohnya pengalaman bekerja dan riwayat pendidikan.

Lalu, pemilihan warna pun harus dipertimbangkan, baiknya sesuaikan dengan kepribadian Anda. Tambahan lainnya yaitu tetap mengikuti tren contohnya desain apa yang saat ini sedang marak digunakan. (Fajar Putra Pamungkas)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.