Sukses

Trik Siapkan Dana agar Sering Jalan-jalan

Rutin sisihkan sebagian gaji untuk tabungan jalan-jalan lebih baik ketimbang belanja.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang suka dengan liburan. Bisa pergi berlibur adalah salah satu hal yang disukai siapa saja. ayah, bibi, kakak, saudara, semuanya  akan bersemangat saat harus pergi berlibur.

Waktu berlibur biasanya diambil saat sebagian besar orang libur pada akhir pekan atau memang sengaja meliburkan diri sejenak dari pekerjaan atau perkuliahan kita. Merencanakan jalan-jalan saat mengambil cuti liburan, berarti harus sudah menyiapkan anggaran dan segala keperluannya.

Berjalan-jalan, selain sebagai cara untuk refreshing diri serta memanjakan diri anda juga dapat menikmati hasil pekerjaan Anda. Usahakan anggaran untuk jalan-jalan ini adalah tabungan khusus yang memang Anda simpan untuk pergi berlibur.

Jangan gunakan anggaran jalan-jalan dari uang tabungan yang sudah ada. Urusan persiapan masa depan harus tetap dilakukan.

Rutin menyisihkan sebagian  gaji anda dalam tabungan atau pos khusus untuk jalan-jalan, lebih baik dibandingkan menghamburkannya dengan berbelanja.

Berikut ini beberapa tips menarik agar Anda bisa sering liburan sesuka hati seperti dikutip dari www.cermati.com:

1. Manfaatkan juga uang receh

Siapa bilang uang recehan hanya untuk membayar parkir atau uang simpanan untuk diberikan kepada para pengamen saja, uang recehan juga bisa anda kumpulkan hingga jumlah tertentu dan hasilnya tetap dapat digunakan untuk keperluan Anda. Seperti jalan-jalan yang akan dilakukan.

Kumpulkan uang recehan tersebut, siapa tahu uang receh ini bisa menjadi uang tambahan untuk digunakan saat jalan-jalan nanti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurangi Makan di Luar

2. Menjual barang-barang yang sudah tidak digunakan

Cara lain untuk mendapatkan tambahan uang jalan-jalan Anda adalah dengan menjual barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan, namun masih layak digunakan orang lain.

Kumpulkan barang-barang bekas layak tersebut di gudang, lalu jual ke tempat yang membantu menjualkan barang bekas. Jual barang bekas secara online juga jauh lebih mudah. Anda hanya tinggal melakukan register pada website toko online tersebut, lalu upload foto produk barang bekas anda.

3. Mengurangi makan di luar

Selama dalam agenda mengumpulkan uang untuk jalan-jalan sebaiknya Anda mengurangi kegiatan makan di luar yang terlalu sering. Budget untuk makan di luar cenderung cukup menguras keuangan kita.

Lantaran makan di luar kantor atau rumah memiliki menu yang bervariatif juga harga yang berbeda–beda pula di setiap tempat. Tidak hanya makanannya, tempat makan pun terkadang menjadi pertimbangan. Semakin bagus tempatnya, biasanya akan mengharuskan membayar pajak restorannya. Pengeluaran untuk makan saja terkadang bisa maksimal jika dilakukan setiap hari.

Semakin sering menabung, semakin sering liburan

Intinya, jika Anda ingin melakukan traveling sesering mungkin, tentunya Anda harus sering menabung. Anggaran untuk travelling memang harus dikumpulkan terlebih dulu.

Saat berlibur dan travelling, pasti ada saja hal yang memerlukan uang khusus , sehingga anggaran harus ditentukan sebelum memulai liburan. Tabungan untuk jalan-jalan semakin banyak, liburan bisa sesering mungkin. (Ahm/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini