Sukses

5 Cara agar Gaji Tak Numpang Lewat

Membuat anggaran sebelum menerima gaji bisa membuat Anda menikmati gaji lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang biasanya Anda lakukan saat baru gajian? Sebagian orang langsung menyisihkan uang untuk membayar tagihan. Ada yang langsung menggunakannya untuk membeli barang yang sudah lama diidamkan.

Apapun prioritas Anda, jangan sampai gaji bulanan hanya numpang lewat. Membuat anggaran sebelum menerima gaji bisa membuat Anda menikmati gaji lebih lama. Akan tetapi bagaimana caranya? Simak tips agar gaji tak hanya numpang lewat seperti dikutip dari www.cekaja.com, Senin (26/9/2016):

1. Bagi-bagi

Bukan berarti Anda membagi-bagikan gaji Anda ke orang lain. Namun segera setelah menerima gaji,  bagilah pendapatan menjadi beberapa bagian antara lain cicilan, kehidupan sehari-hari, tabungan, amal, dan hiburan. Kemudian tentukan presentase dari setiap bagian. 

Menurut perencana keuangan, porsi yang pas untuk mengatur gaji adalah menyisihkan 40 persen untuk kebutuhan pokok, 20 persen untuk simpanan masa depan, dan 10 persen untuk pengeluaran tak terduga, 10 persen untuk amal dan investasi, dan 10 persen untuk hiburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih-pilih Prioritas

2. Memilih prioritas

Membayar cicilan atau utang merupakan prioritas utama karena jika tidak langsung dibayar, Anda akan dikenai denda. Setelah mengurangi untuk cicilan, prioritas kedua biasanya terdapat pada kebutuhan sehari-hari seperti uang makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan lain sebagainya.

3. Pisahkan tabungan

Supaya uang tabungan tidak terpakai, sebaiknya pisahkan rekening tabungan dengan rekening uang belanja. Bila tidak mau uang tabungan terpotong uang administrasi setiap bulannya, saat ini sudah ada produk perbankan syariah tanpa biaya administrasi dan bunga.

Karena murni sebagai dana simpanan, Anda tidak perlu membawa kartu ATM rekening tabungan ke mana-mana. Ini untuk menghindari agar Anda tidak tergoda memakai uang tabungan tersebut.

3 dari 3 halaman

Siapkan Dana Cadangan

4. Menyiapkan dana cadangan

Salah satu hal yang membuat gaji numpang lewat adalah saat terjadi kejadian tak terduga. Misalnya Anda jatuh sakit dan asuransi kesehatan tidak menanggung biaya, maka mau tidak mau Anda harus merogoh kocek sendiri. Oleh karenanya, penting untuk memiliki dana cadangan supaya uang tabungan tidak terkuras.

5. Menyisihkan untuk amal dan berinvestasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sisihkan lima persen untuk investasi dan lima persen untuk amal. Misalnya untuk membantu masyarakat yang tidak punya akses kesehatan, kegiatan keagamaan, dan sumbangan untuk bencana alam.

Kemudian supaya masa depan keuangan Anda makin terjamin, salurkan 10 persen gaji melalui saluran investasi, deposito, atau unit-link.

Jika Anda tipe konservatif, pilihlah reksa dana pendapatan tetap atau pasar uang. Sedangkan jika Anda suka risiko, belilah reksa dana saham atau saham.

Selain mempraktikkan kelima tips di atas, hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah konsisten dan disiplin. Jadi, sudah bukan alasan lagi kalau jadi cuma numpang lewat. (Ahm/ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.