Sukses

Kemenhub: Benda Jatuh di Sumenep Bukan dari Pesawat

Masyarakat Sumenep, Madura, dikejutkan dengan jatuhnya beberapa benda dari udara.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Sumenep, Madura, dikejutkan dengan jatuhnya beberapa benda dari udara. Benda itu jatuh di lokasi yang berbeda-beda. Sebelum benda itu jatuh, ada warga yang melihat ledakan di udara. Namun, warga belum bisa memastikan apakah ledakan itu berasal dari pesawat atau hal lain.

Mengkonfirmasi hal itu, Kementerian Perhubungan mengkonfirmasi bahwa benda yang jatuh tersebut bukanlah berasal dari badan atau komponen pesawat terbang.

"Diperkirakan benda-benda yang jatuh tersebut tidak berasal dari pesawat udara. Saat ini benda-benda tersebut di dalam pengawasan pihak kepolisian," jelas Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo dalam keterangannya, Senin (26/9/2016).

Hemi juga menjelaskan dari berbagai konfirmasi yang sudah dilakukan dengan otoritas penerbangan di wilayah Sumenep dan sekitarnya, dipastikan tidak ada pesawat yang lost contact.

"Diberitahukan bahwa sesuai laporan dari lapangan tidak ada kejadian khusus di atas wilayah udara Sumenep (tidak ada pesawat udara yang lost contact)," ujar Hemi.

Seperti diketahui sebelumnya, sejumlah benda mencurigakan jatuh di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Benda tersebut jatuh di lokasi yang berbeda-beda.

"Iya benar ada benda, objek yang jatuh," ujar Kepala Kepolisian Resor Sumenep AKB Joseph Ananta Pinora, ketika dihubungi Liputan6.com, di Jakarta, Senin (26/9/2016).

Benda yang jatuh di Sumenep. (Istimewa)

Ada warga yang melihat pesawat meledak di angkasa. Namun, dia belum bisa memastikan apakah benda tersebut merupakan pesawat terbang.

"Belum bisa teridentifikasi. Namun memang ada beberapa benda, tapi tidak seperti biasanya. Barang yang tidak umum-lah. Tidak pernah kita temui sehari-hari," Joseph menjelaskan.

Menurut dia, Polres Sumenep tengah menuju ke Pulau Gili Raja, tempat jatuhnya benda-benda tersebut. Oleh karena itu, dia butuh waktu untuk mengkonfirmasi.

"Ini saya masih di atas laut menuju pulau tersebut. Nanti kita menuju ke daratan yang menjadi tempat jatuhnya benda itu di beberapa tempat untuk memastikan," kata Joseph.‎ (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini