Sukses

Kadin: Banyak Produk RI Mampu Jadi Primadona di Negara Lain

Keberhasilan produk-produk Indonesia menembus pasar luar negeri ini karena dari sisi rasa dan kualitas sudah sangat baik.

Liputan6.com, Jakarta Produk-produk makanan asal Indonesia rupanya tidak hanya digemari di dalam negeri. Sejumlah produk tersebut bahkan ada yang sukses diekspor ke luar negeri dan membuka cabang di negara lain.

Ketua Komite Tetap Perdagangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Tutum Rahanta mencontohkan, produk mi instan asal Indonesia, seperti Indomie, sudah sangat terkenal di kawasan Timur Tengah dan Afrika Selatan.

Produk tersebut bukan hanya dikonsumsi oleh warga negara Indonesia yang tinggal di negara tersebut, tetapi juga ‎masyarakat asli negara ini.

‎"Seperti Indomie itu sudah eksis ke Timur Tengah, Afrika Selatan. Itu di sana dianggap lebih enak dari mi ramen. Di sana ada tokonya, tapi yang jual di toko-toko Hong Kong," ujar dia di Menara Kadin, Jakarta, Senin (26/9/2016).

Selain mi instan, produk roti dan kopi serta permen asal Indonesia juga terkenal di Filipina. Sebagai contoh JCO dan permen merek Kopiko yang sangat digandrungi masyarakat di negara tersebut.

‎"JCO itu sangat top di Filipina. Kemudian dari Mayora juga sangat eksis, produk Kopiko mereka sangat disukai di sana. Memang orang Filipina ini cocok dengan makanan asal Indonesia," kata dia.

Menurut Tutum, keberhasilan produk-produk Indonesia menembus pasar luar negeri ini karena dari sisi rasa dan kualitas sudah sangat baik.

Selain itu, peran Kedutaan Besar Indonesia dalam melakukan promosi juga patut diapresiasi. Hal ini diharapkan terus bisa dilakukan, sehingga lebih banyak produk-produk Indonesia yang bisa mendunia.

"Seperti di Afrika Selatan, itu kedutaan kita sangat aktif. Sebagai contoh, di sana ruang tunggunya saja mereka jadikan tempat pameran produk. Jadi cara pengembangan ekspor ini sebenarnya ada banyak," tandas dia.(Dny/Nrm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.