Sukses

Do Won Chang, Penjual Bensin yang Ubah Nasib Jadi Miliarder

Liputan6.com, Jakarta Don Won Chang tidak pernah menyangka nasibnya bisa berubah seperti sekarang ini. Sebelum bisa mereguk manisnya kesuksesan, Do Won Chang harus meniti semua perjuangannya dari bawah. Pria asal Korea Selatan ini merupakan satu dari orang terkaya yang bisa masuk ke dalam daftar miliarder versi Forbes.

Melansir laman Business Insider, Senin (26/9/2016), berbekal nekat Don Wo Chang dan istrinya pindah ke Amerika Serikat untuk mengubah nasibnya menjadi lebih baik. Pasangan suami istri ini mendarat di California tanpa bekal persiapan yang matang. Mereka bukanlah lulusan perguruan tinggi dan tidak bisa berbahasa Inggris.

Alhasil, mereka pun harus bekerja serabutan demi menyambung hidup. Berbagai pekerjaan pun dilakukannya. Mulai dari menjadi petugas kebersihan, penjual kopi hingga jualan bensin. Pekerjaan tersebut harus dilakukannya selama tiga tahun terakhir.

Hingga akhirnya, ia memperhatikan sesuatu yang mengubah pandangannya. Ia menyadari bahwa banyak orang kaya yang mampu mereguk sukses lewat bisnis di bidang pakaian.

Alhasil, ia pun akhirnya membuka sebuah toko pakaian di Los Angeles pada 1984. Toko tersebut ia namakan Fashion21. Berbeda dengan pekerjaan sebelumnya yang banyak menuai gagal, di tahun pertama tokonya mampu mendapat rekor penjualan hingga US$ 700 ribu.

Image result for fashion 21 1984

 

Mereka kemudian melebarkan pasar untuk kalangan remaja. Target pasar ini disasar karena kebutuhan fashion mereka cukup tinggi. Strateginya adalah menjual barang berkualitas dengan harga relatif murah.

Setelah titik awal yang baik ini, mereka memulai membuka toko baru setiap enam bulan sekali dan akhirnya berganti nama menjadi Forever 21.

Image result for fashion 21 1984

Saat ini Do Won Chong memiliki 480 toko di bawah bendera The Forever 21, XXI Forever, ForLove 21, dan Heritage 1981. Jaringannya tersebar di 15 negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Asia, Timur Tengah dan Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

Video Terkini