Sukses

4 Produk Keuangan yang Bermanfaat untuk Anda

Masih ada beberapa produk keuangan yang tidak kita ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya untuk produk keuangan yang dikeluarkan setiap bank berbeda-beda. Kita sebagai masyarakat awam mungkin hanya mengenal satu produk keuangan bank, yaitu tabungan.

Akan tetapi, tahukah Anda masih ada beberapa produk keuangan yang tidak kita ketahui. Mungkin kita pernah mendengarnya, namun kita sama sekali tidak paham apa fungsi dan manfaat dari produk keuangan bank tersebut.

Untuk itulah di sini akan dijabarkan beberapa produk keuangan yang masih asing di telinga kita seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa :

1. Asuransi kecelakaan diri

Sebagai seorang karyawan yang super sibuk, setiap hari kita pasti dituntut untuk selalu bergerak.

Akan tetapi, kita tidak akan pernah tahu kapan kita mengalami sebuah kecelakaan, baik dalam waktu kerja maupun di luar. Untuk itulah langkah proteksi diri akan sangat diperlukan.

Mungkin selama ini Anda juga telah mengikuti program asuransi keselamatan kerja, akan tetapi tentunya asuransi tersebut hanya berlaku ketika anda berada pada lingkungan dan jam kerja perusahaan.

Jika Anda memiliki asuransi kecelakaan diri, tentunya Anda dapat melindungi diri dalam  urusan finansial apabila terjadi sesuatu pada saat di luar jam kerja.

Saat ini kesadaran masyarakat Indonesia untuk memproteksi dirinya dengan asuransi kecelakaan diri masih sangat rendah.

Untuk itu bagi Anda yang memang belum memiliki asuransi tersebut segeralah mendaftarkan diri agar Anda dan keluarga tidak perlu khawatir tentang pembiayaan pengobatan selama pemulihan dari kecelakaan yang menimpa Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tabungan Khusus Wanita

2. Tabungan khusus wanita

Selain tabungan umum yang selama ini kita kenal, ternyata bank juga memiliki produk keuangan yang khusus menargetkan kaum perempuan. Tentunya hal tersebut bukannya tanpa alasan.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan perempuan memang memiliki sifat konsumtif lebih tinggi dibanding laki-laki.

Apalagi dewasa ini jumlah perempuan karier semakin meningkat setiap tahun. Karena itu, pihak anak semakin gencar untuk mengeluarkan produk keuangan salah satunya yaitu tabungan khusus perempuan.

3. Asuransi berbasis syariah

Bagi Anda yang beragama muslim, tentu saja menginginkan semua kegiatannya berlangsung dengan halal, tidak terkecuali dalam urusan memilih asuransi.

Selama ini asuransi yang beredar di masyarakat sama sekali tidak menggunakan prinsip dan aturan syariah Islam. Namun dengan ada asuransi syariah tentunya hal ini menjadi sebuah kabar gembira.

Bagi yang masih awam tentang apa itu asuransi syariah, secara singkatnya asuransi syariah adalah suatu kegiatan tolong menolong, yaitu dimana salah satu pihak pemegang premi menghibahkan miliknya kepada orang yang lain dari anggota asuransi yang sedang membutuhkan asuransi tersebut untuk membiayai keperluan yang sifatnya sangat penting.

Dalam hal ini, bank hanya berperan sebagai perantara yang mengelola  keuangan yang disetor oleh anggota asuransi tersebut dan memberikannya pada pihak yang membutuhkan.  

Kelebihan dari asuransi syariah ini adalah tidak ada istilah dana hangus, yaitu dana yang tidak diklaim oleh pemegang polis sampai masanya berakhir dan orang tersebut tidak meninggal dunia.

Setiap pemegang polis asuransi syariah berhak mengambil dananya kapan pun dia mau, meskipun ada sedikit pemotongan sebagai akad atau perjanjian dari  pembuatan asuransi syariah tersebut.

3 dari 3 halaman

Tabungan Pendidikan untuk Anak

4. Tabungan pendidikan untuk anak

Produk keuangan ini tentunya sangat berguna sekali bagi Anda para orangtua yang menginginkan masa depan pendidikan yang lebih baik untuk anak Anda.  

Dengan memiliki tabungan seperti ini anda tidak perlu merasa khawatir akan keperluan anak yang berhubungan dengan pendidikannya seperti pembayaran uang sekolah, peralatan dan perlengkapan sekolah, serta yang lainnya.

Dengan biaya sekolah yang semakin meningkat setiap tahunnya tentunya pemilihan salah satu produk bank ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda.

Itulah beberapa produk keuangan bank unik yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Tentunya setiap produk keuangan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga pemilihannya haruslah dilakukan dengan bijak dan penuh pertimbangan matang. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini