Sukses

Menteri Susi Marah Ada Warung Remang-remang di Kampung Muara Baru

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menjadikan Muara Baru, Jakarta Utara sebagai kampung nelayan modern.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menjadikan Muara Baru, Jakarta Utara sebagai kampung nelayan modern. Di sana nantinya juga akan dibangun pasar ikan yang bertaraf internasional.

Untuk mendukung itu, Susi meminta seluruh aktivitas selain yang berkaitan dengan industri perikanan untuk dibereskan. Susi juga menyoroti adanya tempat hiburan di kampung nelayan tersebut

"Industri yang tidak ada kaitannya dengan ikan tidak boleh lagi ada di sana, karaoke-karaoke, warung remang-remang masih banyak di sana, apa-apaan ini," tegas Susi di kantornya, Selasa (27/9/2016).

‎Pembangunan industri perikanan di wilayah Jakarta Utara itu nantinya akan menjadi contoh pengembangan industri perikanan di beberapa daerah di Indonesia lainnya. Di antaranya yang akan dibangun selain Muara Baru seperti di Semarang, Surabaya dan Bandung.

Wilayah pengembangan industri perikanan di Muara Baru berada di atas lahan sekitar 110 hektar (ha). Lahan tersebut selama ini menjadi milik KKP dan Perum Perikanan Indonesia. Untuk itu kedua belah pihak sepakat melakukan pembangunan kawasan modern industri perikanan.

Susi menegaskan kawasan Muara Baru ini ditargetkan akan rampung dalam 3 tahun ke depan. "Nanti akan ada cold storage, pasar ikan modern, pokoknya semua akan terintegrasi di sana, jadi sangat profesional," papar Susi.

Sampai saat ini, dikatakan Susi, sudah banyak negara-negara di dunia yang menyatakan akan membangun industri perikanan di wilayah itu, di antaranya Rusia dan Maroko. "Pembangunan semuanya itu perkiraan akan butuh Rp 3-5 triliun," tutup Susi. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini