Sukses

8 Negara Paling Kompetitif di Dunia

Daftar ini didasarkan dari laporan Global Competitiveness Report yang dikeluarkan oleh World Economic Forum

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report. Laporan tersebut memperlihatkan kompetensi suatu negara dalam bidang perekonomian.

World Economic Forum mengukur tingkat kompetensi perekonomian dari data dari beberapa faktor. Kondisi makro ekonomi, infrastruktur, kesehatan, pendidikan hingga kondisi tenaga kerja menjadi faktor yang diukur dalam laporan ini.

Negara-negara Skandinavia masih mampu mendominasi peringkat sepuluh besar. Selain itu, negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris hingga Belanda pun duduk di peringkat teratas.

Berikut delapan negara paling kompetitif di dunia seperti dilansir dari Business Insider, Rabu (28/9/2016) berikut ulasannya:

8. Hong Kong
Skor: 5,48

World Economic Forum menuturkan negara ini sangatlah kompetitif. Hong Kong dinilai memiliki efisiensi, keterbukaan serta tenaga kerja yang fleksibel.


7. Inggris
Skor: 5,49

Adanya Brexit yang terjadi beberapa waktu lalu dinilai dapat memberikan pengaruh negatif bagi kompetensi dari negara ini. Walau begitu, negara ini masih mampu naik tiga peringkat dari tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Swedia

6. Swedia
Skor: 5,53

Sama halnya dengan Inggris, negara ini juga naik tiga peringkat akibat perbaikan di beberapa bidang. Penilaian terhadap kondisi ekonomi makro di negara ini terus membaik dibanding tahun lalu.

5. Jerman
Skor: 5,57

Jerman turun satu peringkat akibat tingkat inflasinya yang mendekati nol. Negara Eropa ini tapi tetap mampu mempertahankan kondisi ekonominya.

3 dari 4 halaman

Belanda

4. Belanda
Skor: 5,57

Peringkat Belanda naik pada tahun ini akibat perbaikan di beberapa faktor. Infrastruktur, kesehatan, pendidikan hingga inovasi teknologi di Belanda mendapat skor yang tinggi dan mampu masuk dalam peringkat sepuluh besar.

3. Amerika Serikat
Skor: 5,7

Peringkat ketiga ditempati oleh Amerika Serikat. Kondisi ekonomi makro dan tenaga kerja yang berpendidikan tinggi mampu membawa negara ini sebagai salah satu negara paling maju di dunia.

4 dari 4 halaman

Singapura

2. Singapura
Skor: 5,72

Singapura menempati posisi kedua selama enam tahun berturut-turut. World Economic Forum menyebut negara ini memiliki inovasi bisnis yang baik.

1. Swiss
Skor: 5,81

Tidak hanya mampu bertengger di peringkat pertama, Swiss juga mampu mencapai skor lebih tinggi dibanding tahun lalu. Swiss berhasil mencetak skor yang tinggi di 10 faktor yang menjadi analisis World Economic Forum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini