Sukses

Dijamin Susah Kaya Jika Anda Masih Punya Pola Pikir Ini

Pola pikir yang Anda miliki bisa mempengaruhi kekayaan lebih dari yang Anda bayangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Pola pikir yang Anda miliki bisa mempengaruhi kekayaan lebih dari yang Anda bayangkan. Hal ini berdasarkan studi yang mempelajari orang kaya selama lebih 25 tahun.

Studi tersebut mengamati orang-orang kaya sejak tahun 1984. Studi yang dilakukan Steve Soebold dan dituangkan dalam buku How Rich People Think ini mengungkap bahwa orang susah menjadi kaya bukan karena kurang keinginan, melainkan karena kurangnya kepercayaan diri pada diri sendiri kalau mereka bisa kaya.

Intinya, kebanyakan orang pesimis kalau mereka mampu meraih kekayaan. Berikut tujuh pola pikir yang membuat Anda susah kaya seperti dikutip dari CekAja.com:

Aku tidak pantas jadi kaya

“Aku hanya karyawan biasa, tidak mungkin jadi kaya,” atau “Aku bukan siapa-siapa.” Sementara orang kaya malah berpikir, “Kenapa bukan aku?

Padahal aku sama hebatnya dengan mereka. Dan karena orang kaya punya pikiran seperti ini, mereka langsung beraksi untuk memujudkan impian menjadi kaya. (Baca juga: Kenapa Hemat Tidak Sama dengan Pelit? Ini Jawabannya)

Aku harus mendapatkan gelar master untuk menjadi kaya

Kebanyakan orang berpikir jalan menjadi kaya di mulai sejak bangku sekolah. Pola pikir ini memang tidak salah, tapi orang kaya betulan percaya bahwa menjadi kaya dibutuhkan pengetahuan spesifik.

Seperti yang tertera pada buku Robert T. Kiyosaki, Second Chance, pendidikan formal jarang mengajarkan tentang pendidikan finansial. Dan pada kenyataannya, pendidikan finansial lah yang akan menjadikan seseorang kaya. Tak mengherankan banyak orang kaya yang bahkan hanya lulus SMA.

Kerja keras membuat kaya

Meski orang kaya menghargai kerja keras, ada hal lebih besar yang menjadikan mereka kaya. Hal ini disebut ‘pengaruh’. Logikanya jika kerja keras saja cukup, maka pelayan dan tukang parkir pun bisa jadi kaya raya. Orang kaya memang bekerja keras, tapi mereka juga punya pengaruh atau bisa mempengaruhi orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Punya uang lebih banyak

Aku harus punya uang untuk mendapatkan uang lebih banyak

Bukan uang yang menjadikan seseorang kaya, melainkan sebuah ide besar. Uang bisa habis dalam sekejap, tapi ide besar akan mendatangkan lebih banyak uang.

Tengok saja Bill Gates dengan ide Microsoft-nya dan Mark Zuckerberg dengan Facebook. Ide besar berperan sebagai magnet terhadap uang.

Aku bekerja untuk mendapatkan uang

Di saat orang lain percaya kalau uang didapatkan dengan cara bekerja, orang kaya fokus pada hal yang menjadi keahlian mereka. Mereka fokus mengembangkan keahlian hingga menjadi paling ahli di bidangnya.

Dengan demikian uang datang dengan sendirinya. (Baca juga: Di Usia 20-an, Beberapa Tokoh Dunia Ini Ternyata Sudah Memiliki Kesuksesannya Sendiri)

 

3 dari 3 halaman

Menjadi kaya merupakan keberuntungan

Menjadi kaya merupakan keberuntungan

Ketika orang kebanyakan menjadi kaya merupakan keberuntungan, orang kaya sejati menganggap menjadi kaya adalah hak semua orang. Karena kaya adalah hak, maka mereka mencari cara untuk mewujudkannya.


Yang penting hari ini tidak kelaparan

Bersyukur memang penting. Tapi jangan sampai hal ini membuat Anda malas berusaha. Di saat kebanyakan orang takut memikirkan masa depan, kaum kaya raya memandang jauh ke depan.

Kaum kaya raya berpikir untuk menghasilkan uang lebih banyak daripada yang mereka habiskan sehingga mereka terpacu untuk berusaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini