Sukses

6 Negara dengan Anggaran Militer Terbesar di Dunia

Pemerintah suatu negara rela menggelontorkan dana begitu besar untuk memperkuat kekuatan militernya.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor yang berpengaruh dalam menjaga keamanan dan stabilitas sebuah negara adalah kekuatan militer. Negara yang memiliki kekuatan militer yang baik akan mampu menahan serangan yang dapat mengancam ketahanan wilayahnya.

Tak heran apabila pemerintah suatu negara rela menggelontorkan dana begitu besar untuk memperkuat kekuatan militernya. Melansir laman lovemoney.com, Jumat (30/9/2016), berikut enam negara dengan anggaran militer terbesar.

6. India
Anggaran militer: US$ 49,7 miliar atau Rp 645 triliun

India merupakan negara pengimpor senjata paling besar. Negara ini juga tidak tanggung-tanggung untuk mengeluarkan anggaran demi memperkuat militernya.

Pemerintah India baru saja meningkatkan 13,1 persen anggaran militernya. Dengan nilai yang begitu besar, diperkirakan negara ini mampu melampaui pengeluaran militer Prancis dan Rusia pada 2017.

5. Prancis
Anggaran militer: US$ 52,7 miliar atau Rp 684,4 triliun

Peringkat kelima ditempati oleh Prancis. Pemerintah negara ini baru saja mengumumkan peningkatan anggaran militernya untuk 2017. Hal ini dilakukan untuk menghalau ancaman terorisme yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rusia

4. Rusia
Anggaran militer: US$ 53,2 miliar atau Rp 690,9 triliun

Anggaran militer Rusia selalu meningkat dari 1998 hingga 2015. Namun, harga minyak yang sempat jatuh membuat negara ini cukup kesulitan hingga harus mengurangi 5,3 persen anggaran militernya.

3. Inggris
Anggaran militer: US$ 66,5 miliar atau Rp 863,6 triliun

Negara anggota NATO ini diprediksi akan meningkatkan 0,5 persen hingga tahun 2021. Anggaran tersebut dihabiskan untuk membeli kapal perang, pengawasan udara, hingga alat canggih untuk pasukan darat. Pemerintah Inggris juga berencana untuk memperkuat armada angkatan lautnya dengan merekrut 700 personel tambahan.

3 dari 3 halaman

Tiongkok

2. Tiongkok
Anggaran militer: US$ 190,9 miliar atau Rp 2.479,2 triliun

Selama lima tahun terakhir, pengeluaran pemerintah Tiongkok di bidang pertahanan telah meningkat 43 persen. Walau perekonomian negara ini sedang turun, anggaran militer diprediksi akan terus meningkat hingga US$ 225 miliar pada 2020.

1. Amerika Serikat
Anggaran militer: US$ 569,3 miliar Rp 7.393,5 triliun

Peringkat pertama ditempati oleh negara adidaya Amerika Serikat. Negeri Paman Sam ini menghabiskan anggaran militer lebih banyak dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Walau begitu, peningkatan anggaran militer Amerika Serikat diprediksi tidak akan meningkat signifikan hingga 2020. Anggaran militer Amerika Serikat menempati porsi 3 persen dari total PDB negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.