Sukses

4 Kiat Menabung Bareng Pasangan

Dalam mengatur keuangan, termasuk menabung, dibutuhkan kesamaan komitmen dari pasangan demi tujuan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki tujuan hidup sama dengan pasangan merupakan hal penting, apakah itu menyangkut karier, keluarga, maupun dalam hal keuangan. Untuk mencapainya, dibutuhkan kesamaan komitmen demi tujuan tersebut.

Andai tak sama, misalnya Anda bertujuan ingin melunasi segala utang yang ada, sementara pasangan Anda masih berencana untuk meminjam uang lagi, pasti akan sering terjadi gesekan dalam hubungan.

Karena itu, perlu untuk selalu mendiskusikan segala perbedaan yang terjadi dan mengatasi masalah bersama dengan pasangan. Ingatkan diri sendiri bahwa kalian adalah tim dan akan lebih baik jika selalu bekerja sama.

Memiliki uang ekstra di tangan sudah pasti sangat membantu Anda, misalnya untuk melunasi utang yang ada, menabung untuk biaya pernikahan ataupun untuk cicilan muka rumah baru yang akan dibeli.

Dilansir dari laman Nerdwallet.com, berikut empat cara sederhana agar bisa menabung bersama pasangan mulai hari ini:

1. Pikir ulang jika ingin berkencan

Seberapa seringkah Anda dan pasangan melakukan kencan? Beberapa pasangan biasanya sudah menjadwalkan kencan khususnya di akhir pekan, seperti makan malam romantis di restoran-restoran mewah, nonton film di bioskop dan beberapa kegiatan lainnya yang mengeluarkan biaya mahal.

Jika ingin berhemat dan membuat tabungan bersama, sebaiknya ubah tradisi tersebut. Jauhkan hal-hal yang bersifat boros, batasi pengeluaran demi tujuan menabung bersama, Anda dan pasangan bisa menggantinya dengan kegiatan yang kreatif.

Misalnya lari pagi bersama di taman, memasak makanan sendiri dan menciptakan momen romantis di rumah, atau menonton film bersama dengan menyewa DVD. Selain lebih murah dan hemat, tentu saja kalian tetap memiliki kebersamaan waktu dan lebih berkualitas.

2. Komitmen sebulan tidak jajan di luar

Uang simpanan biasanya akan cepat habis jika sering jajan dan makan di luar rumah. Seperti membeli makanan cepat saji, membeli cemilan di minimarket, ataupun sekedar ngopi di warung, lama kelamaan kebiasaan ini akan membuat kantong kering.

Cobalah berkomitmen dalam satu bulan untuk makan semua makanan yang ada di rumah, termasuk membawa bekal ke kantor dari rumah.

Lawan godaan untuk makan di restoran atau sekedar membeli sandwich di kantin kantor. Kemudian lihat hasilnya di akhir bulan. Tentu saja tabungan Anda akan bertambah lebih banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lupakan hadiah


3. Lupakan hadiah untuk sementara waktu

Ulang tahun dan beberapa momen penting lainnya antara Anda dan pasangan memang perlu untuk diingat. Beberapa orang bahkan merayakannya dengan cara menghadiahkan pesta yang mewah, liburan ke luar negeri, atau mungkin memberikan hadiah berupa barang mewah ke pasangannya.

Hal ini tentu saja akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jika Anda termasuk tipe di atas, mungkin sementara waktu lupakan hadiah mewah untuk merayakan momen penting. Uang yang tersedia sebaiknya ditabung demi tujuan bersama.

Sebagai gantinya, bisa dilakukan dengan saling memberi kartu ucapan dan buat catatan mengenai tabungan bersama yang telah direncanakan, selanjutnya Anda dan pasangan bisa menikmati malam yang intim berdua di rumah.

Namun jika dirasa itu tidak cukup, mungkin Anda bisa memberikan hadiah kreatif  dengan membuatnya sendiri dari bahan yang murah tapi bagus dan bermanfaat.

3 dari 3 halaman

Rencanakan liburan murah


4. Rencanakan liburan murah

Daripada membuat rencana liburan tahunan dengan menghabiskan banyak dana, sebaiknya pertimbangkan untuk liburan murah bersama pasangan. Anda dan pasangan bisa mengambil cuti bersamaan dan melakukan hal-hal menyenangkan di dalam kota. Seperti menyewa dvd dan menontonnya di rumah sambil menikmati hangatnya teh, mendaki gunung, ke taman, atau ke pantai bersama yang berada di sekitar Anda.

Banyak kemungkinan melakukan kegiatan murah di sekitar tempat tinggal Anda. Tentu saja hal ini tidak akan menguras rekening tabungan Anda. Anda tetap bisa bersantai dan tidak stres memikirkan tabungan.

Silakan cek tabungan

Setelah melakukan hal-hal di atas, coba buat catatan seberapa banyak uang yang sudah Anda keluarkan dan yang tersimpan. Meski banyak hal yang dikorbankan, setidaknya tabungan Anda tetap aman. Melihat tabungan yang bertambah, tentu akan membuat Anda semakin dekat dengan tujuan bersama.

Merupakan hal yang menyenangkan bisa sering berbelanja, atau  makan di restoran mewah bersama dengan pasangan. Tapi yang lebih penting dari itu adalah bagaimana cara menghabiskan waktu yang berkualitas bersama dengan pasangan Anda.

Ketika Anda berkomitmen untuk menabung bersama demi rencana yang lebih besar, memang diperlukan pengorbanan, tinggal menunggu waktu yang tepat demi terealisasinya rencana dan tujuan bersama yang telah disepakati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini