Sukses

Usai Ikut Tax Amnesty, Arifin Panigoro Bikin Holding Usaha Baru

Pendiri Grup Medco Arifin Panigoro mengatakan akan merustrukturisasi asetnya dalam rangka tax amnesty atau pengampunan pajak.

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Grup Medco Arifin Panigoro mengatakan akan merestrukturisasi asetnya dalam rangka tax amnesty atau pengampunan pajak. Sebagai tindak lanjutnya, dia mengatakan juga akan membentuk holding usaha baru.

Arifin menjelaskan, pembentukan holding ini dilakukan lantaran Medco Group juga telah beberapa kali mengakuisi perusahaan lain. Oleh karenanya, dia menganggap perlunya merapikan perusahaan-perusahaan tersebut sejalan dengan tax amnesty.

"Jadi jelas untuk Medco teman-teman ikuti kita ambil Newmont sesuatu besar. Dampaknya waktu kita bereskan ada yang kita setorkan untuk rapikan si saham itu. Tetapi susunan kompleks karena ada satu holding lagi di atas Medco Energi," ujar dia di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jalan Gatot Subroto Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Dia menerangkan, restrukturisasi dilakukan mengingat sebagian saham perusahaan tak memakai nama sebenarnya.

"Kita deklarasi tadinya saham perusahaan asing kita laporkan bahwa sebetulnya pemegang saham adalah saya, adik saya, partner saya. Jadi nggak simple, ngumpetin apa di luar baru tax amnesty, sama sekali nggak. Kita nggak itu. Cuma karena misal opportunity bahwa sekarang bayar 2 persen untuk semua yang dilaporkan siapa tahu kelompok baru saya yakin momen baik," jelas dia.

Namun demikian, Arifin belum menentukan apakah holding tersebut akan berada di luar atau dalam negeri. Arifin ingin kontrol perusahaan diharapkan dari Indonesia.

"Kita lagi mengatur si badan baru apakah di sini apakah di luar karena yang kita laporkan deklarasi tapi arahya kita kontrol dari sini," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.