Sukses

Pengusaha: Demo Buruh Tak Produktif

Aksi turun ke jalan para buruh sebagai bentuk penolakan mereka terhadap program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha menyayangkan adanya aksi demonstrasi buruh yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Kamis (29/9/2016) kemarin.

Sebagaimana diketahui, aksi turun ke jalan kali ini sebagai bentuk penolakan buruh terhadap program pengampunan pajak (tax amnesty).

Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat menyayangkan aksi tersebut, terlebih sebagian buruh tak memahami apa yang mereka suarakan. Dengan begitu, menurutnya, kegiatan ini tak berkaitan dengan adanya produktivitas.

"Apakah ini keinginan, apakah tekanan pimpinan. Kegiatan ini tidak produktif walaupun ada undang-undangnya," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti dikutip pada Jumat (30/9/2016).

Jelas saja, hal tersebut merugikan pengusaha. Apalagi, pengusaha memiliki kewajiban untuk menunaikan kewajiban usaha. "Perusahaan kan ada kewajiban kontrak," dia melanjutkan.

Meski demikian, dia belum bisa memperhitungkan berapa besar kerugian dari aksi demonstrasi ini. Adanya aksi ini membuat pabrik-pabrik berhenti operasi.

Ade mengatakan, belum mendapat laporan berapa jumlah pabrik yang berhenti operasi hari ini. Namun ia menjelaskan, sebagian pabrik yang berhenti operasi paling banyak di wilayah Jabodetabek.

"Saya belum dapat laporan, tapi kebanyakan Jabodetabek," tukas dia. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini