Sukses

Alasan Pemerintah Tetapkan Cukai Rokok Lebih Cepat

Pemerintah biasanya baru menentukan kenaikan cukai rokok menjelang akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akhirnya menentukan dan mengumumkan nilai kenaikan cukai rokok pada 2017. Penetapan ini terbilang lebih cepat dari biasanya.

Pemerintah biasanya baru menentukan kenaikan cukai rokok menjelang akhir tahun. Namun kali ini pemerintah sudah mengumumkan hal itu pada akhir September.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, bukan tanpa alasan pemerintah memutuskan penetapan kenaikan cukai rokok lebih cepat dari biasanya. Pemerintah ingin memberi kepastian bagi seluruh masyarakat terkait isu kenaikan harga rokok yang fantastis.

"Keputusan kami buat sekarang untuk berikan sinyal dan kejelasan dan industri untuk lakukan persiapan," kata Sri Mulyani di gedung Ditjen Bea dan Cukai, Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Beberapa bulan belakangan, masyarakat resah dengan kabar kenaikan harga rokok yang signifikan. Reaksi masyarakat juga beragam. Bahkan, ada yang sudah membeli rokok dalam jumlah besar.

Belum lagi bagi petani tembakau. Berbagai ancaman dan intimidasi sudah dirasakan petani agar menjual tembakau mereka dengan harga yang jauh lebih murah.

Sri Mulyani melanjutkan, pengumuman dan penetapan dini juga bermanfaat bagi pemerintah. Pemerintah jadi punya waktu lebih untuk menyiapkan pita cukai baru. "Bagi kami untuk persiapan cukai rokok tahun depan," ujar dia. (Ahmad R/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini