Sukses

Apindo Gelar Syukuran Sambut Capaian Tax Amnesty Melebihi Harapan

Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofyan Wanandi kaget melihat perkembangan tax amnesty pada periode I.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menjadi salah satu pihak yang menyambut baik berjalan mulusnya program pengampunan pajak (tax amnesty). Bahkan jelang berakhirnya periode I tax amnesty ini, sejumlah pengurus asosiasi ini menggelar acara potong tumpeng.

Ketua Dewan Pertimbangan Apindo Sofjan Wanandi mengatakan, dirinya cukup kaget melihat perkembangan tax amnesty pada periode I ini. Salah satu sebabnya jumlah uang tebusan yang terus naik hingga hampir menembus Rp 100 triliun.

"Saya sebagai teman bekerjasama, mengucapkan pengurus Apindo begitu kerasnya dan bisa bantu dalam apa yang dihasilkan. Bahwa kita hari ini sudah mendapatkan penalti atau berhasil dimasukkan sebesar Rp 95 triliunan," ujar dia di Kantor Apindo, Jakarta, Jumat (30/9/2016).

Sementara deklarasi dan repatriasi yang berhasil dicapai pada akhir periode I ini juga di luar perkiraan Apindo.‎ Selain itu, antusias wajib pajak yang ikut dalam program ini juga dinilai sangat luar biasa.

"Deklarasi dan repatriasi hampir Rp 3.500 triliun dan juga saya rasa jumlah membayar pajak ada 350 ribu orang. Dan kita lihat antusiasme ini tidak pernah terjadi sebelumnya," kata dia.

Sofjan menuturkan, hal ini membuktikan tingkat kepercayaan para pengusaha terhadap pemerintah semakin meningkat berkat adanya tax amnesty. Dia berh‎arap kepercayaan ini bisa terus berlanjut hingga akhir pelaksanaan tax amnesty pada Maret 2017.

‎"Tidak pernah terjadi kepercayaan swasta terhadap pemerintah seperti apa yang terjadi hari ini. Saya sebagai pengusaha berterimakasih pada pemerintah dan parlemen dalam rangka menyelesaikan tax amnesty yang ada di MK. Apa yang terjadi sekarang di luar dugaan," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.