Sukses

10 Tips Jitu Cari Lowongan Kerja

Liputan6.com, Jakarta Bursa kerja adalah sebuah tempat yang sangat kompetitif bagi pencari kerja. Sebagai lulusan baru, hal itu akan menjadi tantangan besar dalam mencari pekerjaan pertama. Oleh karena itu, mereka harus tampil mengesankan di depan HRD setiap perusahaan.

Berdasarkan riset, 48 persen lulusan baru belum mendapatkan pekerjaan setelah lulus dan data ini meningkat setiap tahunnya. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan pekerjaan adalah melalui bursa kerja termasuk di luar negeri. Ada beberapa tips jitu untuk pencari kerja terutama bagi lulusan baru seperti dilansir dari www.lifehack.org pada Minggu (02/10/16)

1. Buat daftar perusahaan yang akan dilamar

Saat berada di bursa kerja, prioritaskan pada daftar perusahaan yang akan dilamar. Pastikan perusahaan tersebut berpartisipasi di acara tersebut. Dibandingkan menguras tenaga untuk menyempatkan ke setiap booth, lebih baik cari perusahaan yang sesuai dengan daftar.

2. Periksa posisi yang tersedia

Setelah mempersiapkan daftar perusahaan yang akan dituju, pantau informasi terbaru mengenai lowongan kerja pada perusahaan tersebut. Informasi tersebut dapat dilihat di website perusahaannya.

3. Ketahui posisi booth setiap perusahaan

Cari denah lokasi yang biasanya letaknya di pintu masuk dekat meja resepsionis. Lalu temukan letak booth perusahaan yang akan dilamar. Cara ini untuk menghemat waktu dan tenaga.

1 dari 3 halaman

4. Tetap tenang dan antusias

4. Tetap tenang dan antusias

Yakinkan HRD perusahaan bahwa Anda benar-benar tertarik bekerja di perusahaan tersebut. Awali dengan sedikit pembicaraan yg santai tetapi tetap menunjukkan sikap ramah dan jadilah pendengar yang baik.

5. Lakukan pendekatan akrab dengan HRD

Jika memungkinkan, lakukanlah pembicaraan langsung dengan HRD senior. Anda akan memperoleh informasi lebih jauh tentang perusahaan, karena perekrut senior adalah orang yang paling berpengaruh dalam proses rekrutmen.

6. Selama interview, jelaskan diri secara singkat, padat dan jelas

Beritahu kelebihan Anda dan keahlian yang bisa dikontribusikan di perusahaan ketika diterima. Cukup persiapkan pernyataan singkat tentang diri sendiri dan keahlian yang bisa dikontribusikan selama 2 menit. Hal yang paling penting adalah menarik perhatian pewawancara.

7. Ikuti informasi ter-update

Bagaimana caranya mengetahui informasi ter-update soal penerimaan lowongan? Mintalah kontak yang bisa dihubungi. Lebih baik jika meminta kartu nama salah satu perwakilan perusahaan.

2 dari 3 halaman

8. Berlebihan Tidak Masalah

8. Berlebihan Tidak Masalah

Apabila menanyakan soal informasi penerimaan melalui surat, lampirkan lagi resume meskipun sudah diminta pada saat di bursa kerja luar negeri. Buat 2 resume masing-masing untuk HRD dan manager. Buat pernyataan bahwa Anda telah bertemu dengan perwakilan perusahaan dan telah diwawancara saat bursa kerja luar negeri. Beritahu sekali lagi kelebihan Anda dan bahwa Anda orang yang berpotensial bekerja di perusahaan tersebut.

9. Hubungi perusahaan jika tidak ada informasi lanjut

Satu minggu adalah waktu yang cukup untuk menunggu keputusan perusahaan. Sebaiknya, tanyakan pada HRD mengenai penerimaan lowongan melalui telepon.

10. Fokus pada peluang lainnya, tidak hanya satu

Jika perusahaan tersebut tidak merekrut Anda, masih ada perusahaan yang lain yang masih membuka peluang bagi pencari kerja. Gunakan internet untuk mencari tahu informasi lowongan kerja. Bahkan, Anda pun dapat leluasa memilih perusahaan dan jabatan yang diinginkan.

Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif
Artikel Selanjutnya
Ubah Keterampilan Jadi Peluang Bisnis