Sukses

Industri Bertumbuh, PLN Siap Tambah Daya Listrik di Jawa Tengah

PLN yakin dapat penuhi kebutuhan listrik untuk semua pabrik.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan Listrik Negara (PLN) bekerja keras memenuhi kebutuhan listrik seiring bertumbuhnya industri baru di Jepara, Jawa Tengah.

PLN siapkan pasokan listrik 35 mega watt (MW) untuk pabrik Semen Indonesia yang beroperasi pada pertengahan Oktober di kabupaten Rembang.

Dwi Kusnanto, General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta menjelaskan, tingginya kebutuhan listrik industri penyedia bahan baku konstruksi itu akan dipasok PLTU Cilacap dan PLTU Adipala.

"Masing-masing siap masok 650 MW untuk beberapa pabrik industri, termasuk Semen Indonesia," Dwi, usai menghadiri perayaan HUT PLN Ke-71 di kantornya, Semarang, seperti ditulis Minggu (2/10/2016).

Tidak saja di Jepara, pertumbuhan industri di Jawa Tengah juta terjadi di Purwokerto dengan munculnya PT Smart, serta PT Rayon Utama di Solo yang memerlukan tambahan 15 MVA dan kawasan industri Kendal (KIK) yang diperkirakan memerlukan suplai lebih tinggi.

Untuk mengantisipasi pertumbuhan industri, pasokan listrik tambahan juga bakal diperoleh dari multi jaringan Jawa-Bali dengan suplai mencapai 500 KV.

"Kita akan pasok dalam beberapa tahap mulai 5 MW sampai puncaknya bisa dipasok 50 MW sekaligus," ujar Dwi.

Disinggung mengenai kehandalan jaringan listriknya, ia menegaskan sejauh ini masih mampu mencukupi kebutuhan pelanggan kalangan industri.

"Kita yakin bisa memenuhi semua pabrik yang ada selama ini ditambah pabrik-pabrik baru yang sedang dibangun. Kebanyakan di wilayah kami tetap pelanggan rumah tangga dan sisanya 7 persen pelanggan industri dan pemerintahan," ujar dia. (Felek W/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini