Sukses

4 Cara Cerdas agar Tagihan Kartu Kredit Lunas Tiap Bulan

Salah satu kendala yang sering merepotkan pemilik kartu kredit adalah membayar tagihan kartu kredit bulanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit sudah bukanlah barang yang asing lagi di kalangan masyarakat. Kartu kredit merupakan alat bantu transaksi pembayaran yang mengijinkan penggunanya untuk melunasi pembayaran suatu transaksi saat tanggal jatuh tempo.

Selama limit kartu kredit cukup, kamu bisa terus bertransaksi dengan kartu kredit. Bukan itu saja, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit untuk penghematan berkat promo seperti diskon dan cashback.

Salah satu kendala yang sering merepotkan pemilik kartu kredit adalah membayar tagihan kartu kredit bulanan. Kalau sampai lewat atau lupa, denda dan bunganya tentu akan mudah membengkak.

Untuk mencegah terjadinya tunggakan tagihan kartu kredit, simak 4 cara ini seperti dikutip dari HaloMoney.co.id, Selasa (4/10/2016):

1. Periksa arus kas kamu

Arus kas bulanan merupakan hal penting yang perlu diperiksa setiap bulan. Kamu perlu memastikan bahwa terdapat sisa uang yang cukup untuk melunasi tagihan kartu kredit kamu.

Anggaplah bahwa transaksi yang kamu keluarkan setiap bulan dengan kartu kredit terjadi juga secara tunai, meski pembayarannya memang ditunda ke tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan.

Baca juga: 4 Tips Jitu Memilih Cincin untuk Melamar Pasangan Kamu!

2. Pastikan kamu paham aturan pemakaian kartu kredit

Kamu perlu mengenal berbagai aturan dan biaya kartu kredit dengan baik untuk terhindar juga dari biaya-biaya tidak terduga. Sebagai contoh, apakah kamu tahu siklus pembayaran biaya tahunan (annual fee) kartu kredit kamu? Atau, tahukan kamu kalau bunga hanya dihitung jika kamu melewati tanggal jatuh tempo pembayaran saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran bulanan


3. Coba buat anggaran pengeluaran bulanan kamu

Kalau kamu rajin memeriksa arus kas bulanan kamu, maka kamu bisa membuat anggaran bulanan secara kasar. Pastikan agar kamu sudah mencadangkan berbagai pengeluaran yang akan dibayar dengan kartu kredit, sehingga kamu bisa memeriksa apakah kamu akan kekuarangan uang atau tidak untuk melunasi tagihan kartu kredit kamu.

Baca juga: 4 Strategi Mulai Menabung Setelah Bekerja Lama Tanpa Ada Tabungan

4. Pasang reminder dan teliti memeriksa tagihan kartu kredit

Gunakan fitur reminder di smartphone kamu untuk memeriksa tagihan kartu kredit. Saat mendapatkan tagihan kartu kredit, jangan langsung membayar begitu saja jumlah angka yang tertera di bawah lembar tagihan kamu. Periksa dengan teliti setiap detil transaksi yang tercatat di lembar tagihan kamu.

Jika ada transaksi yang ternyata tidak pernah kamu lakukan tapi muncul di lembar tagihan, maka kamu perlu mengklarifikasikan transaksi tersebut kepada pihak bank. Jangan sampai kamu membayar lebih untuk sesuatu yang tidak kamu lakukan.

Nah, kalau sudah mengetahui strategi membayar tagihan kartu kredit, saatnya kamu menerapkannya dengan bijak setiap bulan ya. Kalau kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan kamu, manfaatkanlah situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id agar lebih mudah melakukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini