Sukses

6 Negara dengan Tingkat Pendidikan Terbaik di Dunia

Setiap negara yang disurvei diberikan skor dengan rentang 1 hingga 7 berdasarkan jumlah penduduk yang mendapat pendidikan yang layak.

Liputan6.com, New York - Tingkat pendidikan menjadi salah satu faktor yang diukur dalam survei daya saing global yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF). Negara-negara Eropa berhasil mendominasi daftar negara dengan tingkat pendidikan paling baik di dunia.

Setiap negara yang disurvei diberikan skor dengan rentang 1 hingga 7 berdasarkan jumlah penduduk yang mendapat pendidikan yang layak. Semakin tinggi skor, semakin baik tingkat pendidikan di negara tersebut.

Berikut ulasannya dilansir dari laman Business Insider, Sabtu (8/10/2016):

6. Denmark
Skor: 5,9

Denmark merupakan negara di Benua Eropa yang menyalurkan pendapatan dalam jumlah besar di bidang pendidikan. Persentase subsidi pemerintah dalam bidang pendidikan mencapai 7,9 persen dari total PDB.

5. Belgia
Skor: 5,0

Bagi mereka yang mampu menyelesaikan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, pemerintah Belgia memastikan mereka pasti akan mendapat pekerjaan.

Tingkat pengangguran bagi penduduk dengan pendidikan tinggi hanya sebesar 3 persen. Angka ini lebih rendah dibanding negara lain di Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Swiss

4. Swiss
Skor: 6,0

Sebanyak 86 persen penduduk Swiss setidaknya mampu menamatkan pendidikan mereka hingga bangku sekolah tinggi (SMA). Pemerintah Swiss juga memberikan subsidi pendidikan cukup besar bagi tiap pelajar yang belajar di negara tersebut.

3. Belanda
Skor: 6,1

Sepertiga dari penduduk Belanda yang berusia 25-64 tahun rata-rata berhasil menamatkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Jumlah ini lebih banyak 24 persen dibanding negara Eropa lainnya.

3 dari 3 halaman

Finlandia

2. Finlandia
Skor: 6,2

Sistem pendidikan di Finlandia terkenal akan keunikannya. Orang yang ingin menjadi guru di Finlandia diharuskan untuk menempuh pendidikan minimal S2 di bidang pendidikan.

1. Singapura
Skor: 6,3

Negara singa ini mampu menduduki peringkat pertama dengan sistem pendidikan yang dinilai sangat kompetitif di dunia. Lulusan dari sekolah di Singapura banyak yang mampu menuai kesuksesan besar dalam karier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.