Sukses

Genjot Ekonomi Daerah, Pasuruan Fokus Berdayakan UKM

Pasuruan tengah berkonsentrasi penuh terhadap program peningkatan UKM masyarakat sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu andalan pendapatan Pemerintah Daerah (Pemda) Pasuruan di Jawa Timur.

Terkait itu, Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf menyatakan Pasuruan kini tengah berkonsentrasi penuh terhadap program peningkatan UKM masyarakat sekitar.

Dukungan salah satunya melalui keberadaan PPK Sampoerna Expo yang merupakan terobosan untuk mendorong publikasi UMKM ke depannya.

PPK Sampoerna Expo kembali digelar tahun ini untuk ke-8 kalinya. Di tahun ini, dihadirkan 63 pelaku UKM  binaan dengan jenis usaha yang bervariatif dalam pameran bertemakan Bangga UKM Indonesia di Gedung Woloe, Pasuruan, Jawa Timur. 

Bupati mengaku, kini sangat fokus pada persoalan pemberdayaan dan pengembangan UKM, di mana keberhasilannya akan membuahkan kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Kami mempunyai program Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat, atau yang disebut Satrya Emas. Program ini memang diperuntukkan untuk pelaku UKM. Program ini pun terus kami evaluasi," ungkap dia, Rabu (5/10/2016).

Dia mengapresiasi keberadaan Expo PPK Sampoerna yang dinilai adalah terobosan yang baik untuk mendorong publikasi UMKM ke depannya.

“Semoga kegiatan ini memotivasi lokal UMKM kita untuk bangga menjadi UMKM, bangga menjadi UKM, bangga menjadi warga Kabupaten Pasuruan dan bangga menjadi binaan PPK Sampoerna” tegas dia.

Bagi Sampoerna, Pasuruan merupakan salah satu lokasi usaha. Sebab itu perusahaan berkomitmen tinggi untuk berkontribusi meningkatkan UKM agar mampu menelurkan efek positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Kami nyatakan komitmen untuk meningkatkan kualitas UKM Indonesia karena potensi untuk membantu perekonomian suatu negara sangat luar biasa," ujar Presiden Sampoerna Paul Janelle.

Menurut dia, Indonesia menyimpan potensi UKM yang sangat tinggi. Sehingga sangat disayangkan apabila potensi tersebut tidak dikembangkan lebih jauh lagi mengingat kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Indonesia.

"Disayangkan sekali semisal potensi ini tidak bisa dikembangkan. UKM ini dapat mendongkrak potensi pendapatan negara," ujarnya.

Paul menambahkan, program ekspo PPK Sampoerna ini sejalan dengan program Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK yaitu salah satu akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional yakni peningkatan daya saing UMKM.

Sebab itu, Sampoerna meyakini program kewirausahaan ini merupakan wadah yang tepat untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan sektor wirausaha di masyarakat dan dalam kontribusinya meningkatkan perekonomian Indonesia.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.