Sukses

5 Strategi Cerdas Menambah Tabungan dengan Cepat

Apakah kamu sudah mulai menyisihkan penghasilan kamu untuk menabung demi masa depan?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu sudah mulai menyisihkan penghasilan kamu untuk menabung demi masa depan? Tabungan merupakan salah satu aset yang menentukan seberapa kayanya kamu untuk membeli apapun yang kamu inginkan.

Semakin dini kamu mulai menabung, semakin cepat juga kamu bisa memperoleh barang yang kamu inginkan. Bagi kamu yang sudah mulai menabung, ikuti beberapa strategi berikut untuk menambah tabungan dengan cepat seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Mulai cari penghasilan tambahan

Kalau kamu merasa sulit untuk mengurangi pengeluaran, maka sudah saatnya kamu menambah penghasilan kamu. Selain berharap dari kenaikan gaji (bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan), kamu juga bisa mencoba untuk membuat bisnis sampingan kecil menengah. Kalau penghasilan kamu sudah naik, jangan lupa untuk tetap berhemat ya. 

2. Coba hilangkan pengeluaran yang tidak penting

Pengeluaran yang tidak penting atau tidak esensial adalah pengeluaran yang tidak wajib dikeluarkan untuk kamu hidup sehari-hari. Kalau kamu sering menghamburkan uang untuk makan junk food, merokok, atau kegiatan lain yang tidak sehat, kamu bisa coba untuk menguranginya atau bahkan benar-benar menghilangkannya. Lebih mudah memotong pengeluaran sendiri daripada meningkatkan penghasilan bulanan kamu, bukan?

3. Pakai fasilitas auto-deposit dari bank

Kamu bisa memanfaatkan fasilitas auto-deposit yang disediakan oleh bank untuk memindahkan secara otomatis sejumlah tertentu dari rekening transaksi harian ke rekening tabungan.

Dengan fasilitas ini, kamu akan dibuat ‘seolah’ lupa dengan jumlah uang yang dipindahkan otomatis tersebut sehingga dana tersebut aman dari jangkauanmu untuk digunakan. Baca juga: 4 Strategi Mulai Menabung Setelah Bekerja Lama Tanpa Ada Tabungan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tabung uang receh

4. Tabung uang receh

Saat kamu membayar untuk makan siang di kantin atau belanja snack di supermarket, seringkali kamu mendapat kembalian dalam bentuk receh. Kumpulkan uang receh tersebut dalam satu botol toples. Kamu akan terkejut sendiri berapa jumlah yang berhasil kamu kumpulkan dalam satu tahun.

Misalkan kamu menabung receh setiap hari sebesar Rp 1.000. Dalam satu bulan (30 hari), kamu dapat mengumpulkan receh hingga Rp 30 ribu. Jumlah yang akan terkumpul dalam 1 tahun (12 bulan) adalah Rp 360 ribu. Meskipun tidak banyak, jumlah ini tentunya membantu untuk menambah tabungan kamu.

Baca juga: 4 Hal Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Kartu Kredit Virtual

5. Tabung penghematan dari diskon dan cashback

Cara ampuh lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit untuk memanfaatkan program diskon atau cash back. Kalau kamu berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, kamu akan sering menjumpai toko atau supermarket yang bekerja sama dengan bank penyedia kartu kredit tertentu untuk program diskon atau cash back.

Jumlah diskon atau cash back ini membantu dalam menambah meningkatkan penghematan yang bisa kamu lakukan setiap bulan. Segera masukkan jumlah tersebut ke dalam rekening tabungan kamu untuk menambah nilai tabunganmu agar kamu tidak tergoda untuk menggunakannya di pengeluaran yang lain.

Pastikan kamu menerapkan prinsip hidup hemat untuk menjamin tabungan kamu dapat bertambah dengan lebih cepat. Jika kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat untuk membantu penghematan kamu, maka gunakanlah situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini