Sukses

8 Kota dengan Biaya Hidup Mewah Termurah di Asia

Lembaga keuangan Julius Baer mengukur indeks gaya hidup dengan menelisik harga 19 komponen barang dan jasa, yang dianggap simbol kemewahan

Liputan6.com, Singapura - Survei Asia Wealth Report yang dikeluarkan oleh Lembaga keuangan Julius Baer mengungkap negara dengan biaya hidup mewah paling murah di Asia.

Lembaga keuangan global tersebut mengukur indeks gaya hidup di sepuluh kota di Asia. Adapun indeks yang dijadikan acuan adalah harga 19 komponen, barang dan jasa, yang dianggap menjadi simbol kemewahan.

Indikator barang dan jasa yang menjadi penilaian antara lain perhiasan, kendaraan, properti, keanggotaan klub golf, pakaian, pelayanan kesehatan, pesta pernikahan, dan lain-lain.

Setiap indikator diberi nilai 1 hingga 10. Semakin tinggi skor yang didapat maka semakin murah pula harga barang dan jasa yang ada di negara tersebut.

Melansir juliusbaer.com, Sabtu (8/10/2016), berikut delapan kota dengan biaya hidup mewah termurah di Asia:

8. Hong Kong

Posisi ke delapan ditempati oleh Hong Kong. Walau beberapa barang mewah dijual dengan harga yang sangat mahal di kota ini, barang-barang seperti jam tangan, tas wanita dan perawatan kulit memiliki harga cukup terjangkau.

7. Tokyo

Ibu kota dari Jepang ini memiliki skor rata-rata 5,29. Mobil dan rokok di kota ini dijual dengan harga lebih murah dibanding sembilan negara lain. Benda yang memiliki harga paling mahal di Tokyo adalah sepatu wanita.

6. Taipei

Tiket pesawat kelas bisnis di kota ini dibanderol dengan harga paling mahal. Akan tetapi penduduk kota Taipei masih bisa merasa nyaman mengingat biaya rumah sakit di Taipei menempati posisi termurah kedua.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seoul

 

5. Seoul

Perhiasan dan pakaian pria menjadi barang yang dijual dengan harga paling tinggi. Sementara mobil dan perawatan kulit justru dibanderol dengan harga yang cukup murah.

4. Bangkok

Beberapa indikator penilaian menempatkan Bangkok sebagai kota dengan biaya hidup mewah paling murah. Bagaimana tidak, tiket pesawat kelas bisnis, properti, keanggotaan golf hingga pengacara memiliki harga di bawah rata-rata negara yang disurvei.

3. Manila

Peringkat ketiga ditempati oleh Manila. Di kota ini, penduduk tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli properti yang ditujukan untuk tempat tinggal.

3 dari 3 halaman

Jakarta

2. Jakarta

Jakarta menempati posisi kedua sebagai kota dengan biaya termurah apabila Anda ingin menjalankan hidup mewah. Survei mengungkapkan, biaya rumah sakit dan keanggotaan klub golf di Jakarta paling murah dibanding negara lainnya.

1. Kuala Lumpur

Peringkat pertama ditempati oleh Kuala Lumpur. Dari 19 indikator yang menjadi penilaian, Kuala Lumpur mampu menoreh empat indikator dengan biaya paling murah. Indikator tersebut seperti harga minuman anggur, jam tangan hingga alat musik piano.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.