Sukses

Tebak Gaya Komunikasi Kerja Anda di Sini

Nah, termasuk memiliki gaya komunikasi tipe apakah kamu? Untuk mengetahuinya, coba fitur Tes Gaya Komunikasi ini, hasil kerja sama Karir.com

Liputan6.com, Jakarta- Komunikasi memegang peranan penting dalam kesuksesan seseorang ketika bekerja. Di dunia kerja ternyata ada empat tipe gaya komunikasi individu: Investigator, Leader, Counselor dan Communicator. Masing-masing tipe memiliki kecenderungan positif dan negatif.

Berikut ulasannya dan nama-nama tokoh dengan masing-masing gaya komunikasi dilansir dari karir.com, Senin (10/10/2016):

1. Investigator

Individu dengan kombinasi Control dan Ask yang tinggi memiliki gaya komunikasi Investigator. Individu tipe ini mampu mengendalikan dinamika dan ekspresi emosinya saat berkomunikasi dengan orang lain; komunikasi ini biasanya bertujuan untuk menggali data.

Kecenderungan positif: analitikal, memperhatikan detail, teratur, efisien, obyektif dan dapat diandalkan. Kecenderungan negatif: curiga, pesimis, cenderung lambat, suka berdebat dan sulit mengambil keputusan

Tokoh dengan Control tinggi: Ratu Elizabeth II, Richard Nixon (mantan Presiden AS), Hugh Downs (komentator berita). Tokoh dengan Ask tinggi: Bunda Teresa, Bob Newheart (komedian), Mahatma Gandhi.

2. Leader

Individu dengan Control dan Tell yang tinggi memiliki gaya komunikasi Leader. Individu tipe ini mampu mengendalikan dinamika dan ekspresikomunikasinya saat berkomunikasi; komunikasi ini umumnya dimaksudkan untuk memberi arahan atau instruksi kepada orang lain.

Kecenderungan positif: berani mengambil tanggung jawab, percaya diri, dapat mempengaruhi orang lain, berorientasi pada perilaku nyata dan gigih.

Kecenderungan negatif: kurang sabar, seringkali tidak peka terhadap situasi orang lain, keras kepala, cenderung memaksakan kehendak dan sulit menerima kritik

Tokoh dengan Control tinggi: Ratu Elizabeth II, Richard Nixon (mantan Presiden AS), Hugh Downs (komentator berita). Tokoh dengan Tell tinggi: Winston Churchill (mantan PM Inggris), Martin Luther King Jr., Margaret Thatcher.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Counselor

3. Counselor

Individu dengan Express dan Ask yang tinggi memiliki gaya komunikasi Counselor. Individu tipe ini mampu mengenali perasaan/emosi orang lain atau lawan bicaranya ketika menggali pemikiran, pengalaman, atau ide.

Kecenderungan positif: kreatif, simpatik, suportif, sensitif dan loyal. Kecenderungan negatif: moody, tidak yakin atas pertimbangan diri, cenderung menghindari konflik, kurang percaya diri dan argumentatif

Tokoh dengan Express tinggi: Robin Williams, Bill Cosby, Phyllis Diller (komedian). Tokoh dengan Ask tinggi: Bunda Teresa, Bob Newheart (komedian), Mahatma Gandhi.

4. Communicator

Individu dengan kombinasi Express dan Tell yang tinggi memiliki gaya komunikasi Communicator. Individu tipe ini mampu mengenali perasaan/emosi orang lain atau lawan bicaranya; informasi tersebut dapat digunakan untuk meyakinkan orang lain terhadap ide atau pemikirannya.

Kecenderungan positif: optimis, bersemangat, mudah beradaptasi, cenderung bersahabat dan senang berbicara. Kecenderungan negatif: impulsif, cenderung kurang disiplin, manipulatif, memiliki ambisi berlebihan dan kurang memiliki fokus

Tokoh dengan Express tinggi: Robin Williams, Bill Cosby, Phyllis Diller (komedian). Tokoh dengan Tell tinggi: Winston Churchill (mantan PM Inggris), Martin Luther King Jr., Margaret Thatcher.

Nah, termasuk memiliki gaya komunikasi tipe apakah Anda? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba fitur Tes Gaya Komunikasi ini. Fitur ini merupakan hasil kerja sama Karir.com dan Layanan Psikologis Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.