Sukses

Penampakan 10 Pesawat Kuno yang Masih Bisa Terbang

Ada sejumlah pesawat yang berumur puluhan tahun yang masih sanggup terbang.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat-pesawat yang beroperasi di dunia saat ini punya banyak model. Moderen dan futuristui. Mulai dari si ramping Bombardier CS100, generasi mendatang dari Airbus A350 XWB dan gaya modifikasi dari Boeing 737 MAX.

Tetapi jika Anda bernostalgia sedikit, Anda akan mengenal beberapa pelopor penerbangan yang masih produktif. Salah satunya the Bleriot XI yang membawa Louis Bleriot di tahun 1909. Ada sejumlah pesawat yang berumur puluhan tahun yang masih sanggup terbang.

Berikut 10 pesawat kuno yang masih produktif untuk terbang seperti dilansir dari CNN  pada Selasa (11/10/16).

1. The Bleriot XI

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1909

Pada tahun 1909, penerbang asal Perancis Louis Bleriot sukses melakukan penerbangan dengan menyeberang Inggris. Saat itu Louis mendapatkan hadiah sebesar 1.000 pound sterling. Saat ini, pesawat masih mampu melakukan penerbangan.

2. Junkers F13

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1919

Penerbang asal Jerman Hugo Junkers membuat sebuah pesawat sesuai rencananya. The F13 merupakan pesawat pertama yang seluruh materialnya menggunakan logam. Dengan bentuk sederhana dan desain pesawat bersayap sepasang mengantisipasi pesawat yang lebih modern. Hal yang lebih luar biasa lagi, pesawat ini melakukan penerbangan perdana di tahun 1919.

The F13 kemungkinan besar dapat terbang lagi, tetapi bukan The F13 yang asli. Pesawat ini dibuat replika oleh salah satu pabrik bagasi asal Jerman, RIMOWA. The RIMOWA F13 dibuat di Dubendorf, Swiss.

 

3. Junkers Ju 52

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1930

Produksi Junkers lainnya yaitu Junkers Ju yang memulai penerbangannya di tahun 1930-an. Pesawat ini digunakan selama Perang Dunia ke-2 sampai perang itu berakhir. Pesawat ini mudah dikenal dengan karakteristik memiliki tiga mesin dan kerangkanya yang bengkok.

Saat ini, pesawat Ju 52 hanya dapat diterbangkan untuk acara penting saja. Pesawat ini pun dapat ditemukan di Afrika Selatan, Perancis dan Amerika Serikat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. De Havilland Dragon Rapide

4. De Havilland Dragon Rapide

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

 Penerbangan Perdana: 1934

Pesawat bermaterial kayu ini mempunyai peran penting dalam dua kejadian yang mengubah sejarah Eropa. Pada tahun 1936, sebuah Dragon Rapide menerbangkan General Francisco Franco dari Kepulauan Canary ke Maroko, di mana mulainya pemberontakan yang menginisiasi Perang antar warga Spanyol.

Empat tahun kemudian, Dragon Rapide membawa General Charles De Gaulle ke Inggris sebelum jatuhnya Perancis. Di samping itu, Dragon Rapide menjadi pesawat yang dapat diandalkan.

 Saat ini beberapa pesawat tersebut masih dapat melakukan penerbangan. Sebuah Dragon Rapide G-AHAG yang masih berfungsi dapat ditemukan di Scillonia Airways yang terletak di landasan Membury, Berkshire, Inggris.

 

5. Douglas DC-3

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1935

Pesawat ini salah satu pesawat yang paling penting di sejarah penerbangan. Beberapa orang mungkin menyebut pesawat modern pertama di sejarah penerbangan. Pesawat ini melakukan penerbangan perdana di tahun 1935 dengan mengantar setiap penumpangnya dari pulau ke pulau. Setelah dibuat lebih dari 600 kapal dan saat itu Amerika Serikat sedang perang, pesawat itu menjadi transportasi militer dengan desain C-47.

Seribu pesawat dibuat selama Perang Dunia ke-2. Versi yang dibuat yaitu Lisunov Li-2 yang diproduksi di Uni Soviet. Setelah perang, pesawat ini menjadi arus utama dari semua pesawat. Sebagai bukti daya tahan dan efisiensi, lebih dari 80 tahun, pesawat DC-3 ini masih terbang dan dapat disewakan.

Pesawat ini dapat ditemukan di setiap penjuru dunia. Pertama, pesawat ini berada di DDA Classic Airline yang terletak di Belanda. Lalu, pesawat ini pun digunakan sebagai transportasi wisata di Air Chatams, Selandia Baru dan Springbok Classic Air, Afrika Selatan. DC-3 ini pun dapat ditemukan di Buffalo Airways di Kanada.

 

6. Lockheed Constellation dan Super Constellation

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1943

Bentuk megah dan elegan dari Lockheed Constellation dan the L-1049 Super Constellation (dikenal sebagai “Connie” dan “Super Connie”) menjadi sebuah pemandangan indah untuk dilihat. Dengan karakteristik berekor tiga menjadi sebuah keunikan di setiap bandara pada tahun-tahun setelah peran sampai pertengahan 60an. Tetapi saat ini pesawat tertua ini kalah berkompetisi dengan pesawat jet yang baru seperti Boeing 707 dan the Douglas DC-8.

Ada dua pesawat Super Constellation yang dapat terbang. Satu pesawat berasosiasi dengan pabrik jam tangan asal Swiss, Breitling, dan yang lainnya berada di Australia.

 

3 dari 4 halaman

7. Convair CV-580

7. Convair CV-580

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1947

Convair menghasilkan beberapa tipe pesawat. Dimulai dari CV-240, yang bertujuan untuk menggantikan DC-3 dengan desain yang lebih unggul. Salah satunya yaitu sebuah kabin yang lebih aman dan nyaman.

Lebih dari seribu pesawat dibuat di tahun 1947 sampai 1954 dan menjadi layanan di beberapa maskapai dan militer.

Duane Emeny, sebuah maskapai dan manajer umum di Air Chathams, satu-satunya penerbangan yang masih mengoperasikan pesawat Convair, menggarisbawahi andalan dari the Convair 580: "The Convair 580 sangat luar biasa. Pesawat ini kuat dan dapat dioperasikan di segala iklim. Pesawat ini pun telah terbang ke Auckland dengan mengekspor lobster.” ujar Duane juru bicara Air Chatam.

Air Chathams di Selandia Baru memiliki tiga Convair yang masih bisa terbang dan tersedia menjadi pelayanan penerbangan.

8. Boeing 707

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan Perdana: 1957

Pesawat ini menjadi pesawat modern pertama yang melakukan penerbangan jauh di tahun 1958. Pesawat ini tidak hanya memiliki baling-baling yang cepat, tetapi pesawat ini pun tetap memikirkan soal kenyamanan penumpang dengan mengembangkan desain. Sehingga Boeing 707 ini menjadi transportasi wisata yang populer.

Pesawat Boeing 707 ini masih digunakan oleh beberapa pemerintah dan seorang aktor, John Travolta sebagai transportasi pribadinya.

4 dari 4 halaman

9. Douglas DC-8

9. Douglas DC-8

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

Penerbangan perdana: 1958

The DC-8 merupakan saingan dari the Boeing 707 mulai dari baling-baling sampai pesawatnya. Pesawat ini merupakan pesawat pertama yang dapat memecahkan hambatan suara meskipun hanya 16 detik saat uji terbang. Hal itu terbukti menjadi pesawat yang populer di mana masih digunakan jasanya oleh banyak maskapai dan pemerintah.

Pesawat DC-8 ini masih digunakan oleh NASA sebagai transportasi pembantu. Demikian, kesempatan terbang dengan DC-8 untuk publik hampir nihil.

10. Antonov An-24

10 Pesawat Ini Berumur Tua, Tapi Masih Bisa Terbang (CNN)

 

Penerbangan perdana: 1959

Pesawat ini dibuat untuk menjadi andalan dan kekuatan. Transportasi udara ini yang akhirnya menjadi pesawat yang ideal untuk digunakan dalam proses ekspansi secara luas oleh Uni Soviet. Didesain pada tahun 1950an, pesawat ini menjadi layanan untuk masyarakat, operator militer dan terutama untuk infrastruktur.

Kebanyakan pesawat An-24 ini menjadi sarana pembantu kapal pengangkut atau transportasi militer. Tetapi Motor Sich Airlines, salah satu maskapai Ukraina masih menggunakan pesawat ini untuk penumpang biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini