Sukses

6 Jurus Hemat Uang Saat Musim Hujan

Banyak kebutuhan tambahan yang diperlukan saat musim hujan datang. Alhasil pengeluaran yang harus Anda disiapkan pun menjadi lebih besar.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan yang melanda seringkali menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Walau memiliki sejumlah dampak positif, musim hujan juga bisa memberikan kerugian tanpa diduga.

Banyak kebutuhan tambahan yang diperlukan saat musim hujan datang. Alhasil pengeluaran yang harus Anda disiapkan pun menjadi lebih besar. Namun Anda tidak perlu khawatir, hal ini bisa ditanggulangi dengan melakukan beberapa tips berikut.

Melansir laman Business Insider, ini dia enam cara hemat uang saat musim hujan:

1. Persiapkan makanan selama seminggu

Saat musim hujan melanda seringkali Anda merasa cepat lapar. Akhirnya Anda pun mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya.

Hal ini bisa Anda siasati dengan mempersiapkan makanan selama satu minggu. Dengan begini, Anda dapat mengurungkan niat untuk berbelanja makanan lebih banyak.

2. Hemat penggunaan alat ekektronik

Jangan nyalakan pendingin udara saat musim hujan datang. Anda pun bisa memadamkan alat elektronik yang tidak dipakai. Udara di luar ruangan yang relatif dingin karena hujan bisa dimanfaatkan untuk membuat udara dalam ruangan lebih sejuk.

3. Membeli barang dalam jumlah besar

Anda juga dapat menghemat uang dengan membeli barang dalam jumlah besar. Selain lebih ekonomis, hal ini juga dapat membantu Anda untuk tidak harus pergi ke supermarket untuk membeli barang kebutuhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa keadaan kendaraan

4. Periksa keadaan kendaraan

Penting bagi Anda untuk memeriksa keadaan kendaraan saat memasuki musim hujan. Cuaca yang tidak menentu bisa membuat kondisi jalan lebih berbahaya. Memeriksa kendaraan sebelum dipakai bisa membuat Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Membersihkan rumah

Anda bisa memanfaatkan waktu luang saat musim hujan untuk membersihkan rumah. Siapa tahu ada beberapa barang yang bisa Anda manfaatkan kembali. Lingkungan yang bersih juga membuat Anda terhindar dari penyakit yang rentan menyerang saat hujan.

6. Buat anggaran

Cobalah untuk membuat anggaran yang bisa Anda gunakan saat musim hujan melanda. Hal ini dilakukan agar pengeluaran Anda dapat lebih terorganisir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.