Sukses

Inilah 4 Cara Mudah Dapat Modal Usaha

Bisnis apapun tidak akan pernah berjalan tanpa adanya sokongan dana atau modal.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis apapun tidak akan pernah berjalan tanpa adanya sokongan dana atau modal. Seberapapun jumlahnya, modal sudah seperti jantung dari sebuah kegiatan bisnis di mana modal tersebut digunakan untuk menyuplai semua kebutuhan bisnis agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Semua strategi dan rencana yang Anda terapkan tidak akan ada gunanya jika Anda tidak memiliki modal dalam menjalankan bisnis. Hal itu juga yang menjadi sebuah kendala bagi seseorang yang ingin menjalankan bisnis.

Apalagi untuk jenis usaha yang membutuhkan modal yang besar. Sebenarnya bank juga memberikan bantuan berupa suntikan modal bagi setiap pengusaha yang ingin menjalankan bisnis.

Tapi dengan risiko yang besar yang akan mereka hadapi nantinya, tentunya mereka akan berpikir seribu kali sebelum meminjam uang ke Bank. Belum lagi dengan bunga pinjaman yang mencekik leher, tentunya hal tersebut akan memberatkan mereka nantinya apabila bisnis tersebut tidak berjalan dengan lancar.

Lalu, apakah ada solusi lain untuk mendapatkan modal tanpa membuat kepala Anda pecah? Tentu saja ada, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal agar bisnis bisa terealisasi sesuai dengan impian Anda seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Menjual barang berharga yang Anda miliki

Langkah ini merupakan langkah yang paling mudah untuk mendapatkan modal. Jika memiliki simpanan berupa emas, anda bisa menggadaikannya atau bahkan menjualnya untuk mendapatkan uang. Semakin besar nilainya, maka semakin besar juga dan yang anda dapatkan.

Harta pribadi tentu saja tidak melulu harus dari emas. Mobil, motor, atau barang-barang yang bernilai tinggi lainnya bisa anda jadikan alternatif untuk ditukar dengan sejumlah uang yang nantinya bisa digunakan untuk memulai bisnis yang diinginkan.

2. Mengikuti berbagai kompetisi yang berhubungan dengan bisnis

Saat ini, semakin banyak saja kompetisi yang diadakan baik dari pihak swasta maupun pemerintah untuk menjaring entrepreneur-entrepreneur baru yang berani untuk menjalankan bisnis.

Karena jumlah pengusaha di Indonesia yang masih kecil, maka baik dari pihak swasta maupun pemerintah mengadakan kompetisi semacam ini untuk menambah jumlah para pengusaha.

Hadiah yang ditawarkan pun bukan main-main. Bahkan salah satu perusahaan swasta yang mengadakan kompetisi berani memberikan hadiah berupa uang tunai sejumlah Rp 1 miliar bagi pemenang pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak orang lain

3. Ajak orang lain untuk bekerjasama dalam bisnis Anda

Langkah ini sangat tepat untuk dilakukan apabila Anda memiliki relasi atau teman yang kondisi finansialnya sangat bagus. Anggap saja orang itu merupakan investor namun dengan tingkat kedekatan personal yang tentunya berbeda.

Hal tersebut bisa sangat menguntungkan, karena selain Anda tidak perlu repot-repot membuat proposal yang rumit, Anda juga bisa sharing dengan partner tentang bisnis apa yang akan sedang dilakukan dan langkah seperti apa yang akan dijalankan agar bisnis tersebut bisa bertahan dan member keuntungan yang menggiurkan.

4. Meminjam uang kepada bank

Ini adalah langkah terakhir dari yang terakhir apabila Anda memang tidak menemukan cara lagi untuk mendapatkan modal. Untuk jumlah uang yang bisa didapatkan dari bank memang sangat besar, tergantung dari jaminan apakah yang bisa Anda agunkan untuk pihak bank tersebut.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, belum lagi bunga yang ditetapkan oleh pihak bank. Meminjam uang kepada bank tidak disarankan bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis dan belum memiliki bisnis yang stabil, karena pihak bank tentunya tidak mau tahu apakah bisnis Anda sedang dalam kondisi baik atau tidak. Yang terpenting bagi mereka adalah kewajiban yang harus dibayar dari uang yang telah Anda pinjam.

Bulatkan tekad dan munculkan keberanian Anda

Yang terpenting dari semua langkah mendapatkan modal tersebut adalah keberanian Anda untuk menjalankan suatu bisnis. Banyak orang yang meskipun sudah memiliki modal yang cukup namun masih berpikir seribu kali untuk memulai bisnis yang mereka impikan.

Itu semua terjadi karena mereka takut untuk menghadapi kegagalan dalam berbisnis. Tentunya setiap bisnis pasti ada masa buruk, namun bagi Anda yang memiliki mental baja tentunya itu bukan merupakan masalah. Karena anda selalu memiliki cara untuk keluar dari masalah tersebut. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini