Sukses

Bukan Uang Kunci Utama Kebahagiaan, Lalu Apa?

Apakah uang yang Anda dapat bisa membuat Anda bahagia?

Liputan6.com, Jakarta - Waktu adalah uang! Setiap pebisnis pasti menyetujui ungkapan ini. Ya, Waktu adalah uang.

Pada dasarnya, pernyataan itu tidak sepenuhnya benar. Misalnya jika Anda memiliki bisnis kafe, Anda adalah seorang investor dan pemiliknya. Waktu Anda setiap harinya dimulai saat Anda membuka pintu kafe atau saat login ke komputer untuk menghitung keuntungan seharian. Logis memang, tapi kebetulan juga itu bisa disebut dengan menghabiskan waktu percuma

Benarkah kegiatan itu bisa memberikan kebahagiaan? Apakah uang yang Anda dapat bisa membuat Anda bahagia? Jawabannya mungkin saja tidak.

Dilansir dari laman m2now.co.nz, penelitian terbaru dari University of British Columbia menunjukkan bahwa menghargai waktu yang Anda punya bisa membuat Anda lebih bahagia daripada hanya mengejar uang semata.

Dari ribuan responden yang berpartisipasi dalam studi tentang kebahagiaan ini, para peneliti menemukan fakta bahwa sebagian besar dari mereka menyatakan bahwa waktu yang ada lebih berharga daripada uang. Dan kebanyakan orang tua yang lebih bisa menghargai waktu yang ada dibandingkan para anak muda. 

Peneliti Ashley Whillans menyatakan, hasil ini mengejutkan karena dia berpikir orang cenderung intuitif tidak mengatakan uang karena tekanan budaya, tapi mengingat adanya perpecahan di hasil penelitian, ia yakin bahwa jawaban para responden cukup jujur.

Whillans  menambahkan, memiliki banyak waktu luang lebih penting demi mendapatkan sebuah kebahagiaan daripada menghasilkan banyak uang.

Menurut Profesor Michael Norton dari Harvard Business School, kebanyakan orang lebih bahagia saat menghabiskan uang untuk membeli pengalaman, bukan karena membeli hal-hal atau barang yang mewah.

Orang yang menghabiskan uangnya untuk berlibur atau makan malam dengan teman-temannya, cenderung merasa lebih bahagia daripada hanya membelanjakan uangnya untuk barang-barang.

"Karena pengalaman yang menghasilkan kenangan tidak bisa diulang,  membuat sebuah kenyataan yang menakjubkan, dan  membuat kita lebih bahagia," kata Norton.

Jadi ingin lebih bahagia? Silakan ambil beberapa jam dari kegiatan Anda untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai dan cintai, karena hal ini akan menghasilkan pengalaman berharga dan bisa menciptakan kenangan dalam hidup Anda yang mungkin tidak akan terulang lagi.Bukan Uang Kunci Utama Kebahagiaan, Lalu Apa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.