Sukses

Pemerintah Buka 3 Rute Tol Laut Baru

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka tender tiga trayek tol laut pada November 2016.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membuka tender 3 trayek tol laut pada November 2016. Kesempatan ini dapat diikuti perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, tiga rute tol laut tersebut, yakni rute Jakarta-Sumatera Bagian Barat, Surabaya-Kalimantan Bagian Timur dan Sulawesi Bagian Barat, serta rute Surabaya-Maluku.

"Kami sedang persiapkan dokumennya. Tender bulan depan, tinggal kami undang saja," tegasnya saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Diakui Budi Karya, pemerintah membuka peluang bagi BUMN dan swasta ikut tender tiga proyek tol laut ini. Dari swasta, sambungnya, bisa diikuti anggota Asosiasi Pelayaran Niaga Indonesia (Indonesia National Shipowners Association/INSA).

"Anggota INSA kan banyak sekali, jadi diutamakan swasta walaupun BUMN bisa ikut. Kalau swasta harganya tidak masuk, tetap pada standar. Kami harap swasta yang dapat," jelas Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini