Sukses

10 Tips agar Selalu Bahagia Saat di Kantor

Jangan buru-buru resign dari tempat kerja hanya karena kamu merasa bosan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu rindu suasana kerja yang asik dan merasa bosan dengan pekerjaan sekarang, sehingga ingin mencari pekerjaan lain yang lebih menyenangkan, jangan buru-buru keluar dari kerjaan dan karier yang sudah kamu pilih saat ini.

Mungkin kamu perlu beberapa tips agar selalu bahagia di tempat kerja. Dilansir dari laman Monster.com berikut 10 tipsnya:

1. Jangan Bawa Masalah Pribadi ke Kantor

Ketika disibukkan dengan berbagai masalah pribadi, maka kamu akan sulit berkonsentrasi dan merasa bahagia di kantor. Cobalah dengan segala cara untuk membuang pikiran mengenai segala permasalahan rumah dan keluarga yang ada. Sadarlah bahwa setiap orang tidak perlu tahu dengan masalah pribadi yang sedang kamu hadapi.

Saat di kantor kamu harus membebaskan pikiran dengan masalah di rumah sama seperti kamu juga tidak perlu membawa masalah pekerjaan sampai ke rumah. Penting untuk meninggalkan kekhawatiran soal rumah di kantor agar kamu bisa fokus dan produktif di kantor.

2. Buat Ruangan yang Nyaman

Kamu berada di kantor setidaknya delapan jam sehari, mungkin lebih banyak  daripada menghabiskan waktu di tempat tidur. Karenanya buatlah ruang kerja yang nyaman.

Hiasi sebanyak mungkin daerah tempat duduk kamu sesuai ijin dan kebijakan perusahaaan, sehingga membuat diri kamu nyaman  dan santai, kamu juga bisa betah berlama-lama duduk di kursi kantor.

3. Memiliki Lingkaran Rekan Kerja

Kumpulkan lingkaran rekan-rekan kerja yang memiliki latar belakang atau gaya hidup yang sama dengan kamu, saat kamu mendapat banyak tekanan di tempat kerja. Ketika kamu menyuarakan perasaan kepada mereka yang mengerti kondisi kamu dan kadang memberi masukan, hal ini benar-benar dapat membantu meminimalkan stres yang kamu alami.

4. Makan Sehat dan Minum Air yang Banyak

Ahli Kesehatan dan Konselor Gizi Sherly Weiss menyarankan, untuk pertahankan diet yang baik dan jaga diri terhidrasi sepanjang hari saat bekerja, karena ini benar-benar dapat membuat perbedaan besar dalam tingkat energi dan sikap.

Jika kamu dapat mengatur dan mempertahankan pola makan sehat, maka kamu juga bisa melawan keinginan untuk makan makanan olahan seperti roti dan makan makanan yang manis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelola Jadwal

5. Kelola Jadwal

Buatlah jadwal yang terkelola untuk menangani beban kerja kamu. Saat jadwal kamu penuh, pengelolaan jadwal yang baik akan sangat membantu.

6. Gerakkan Badan

Bekerja dan duduk di depan komputer seharian menjadikan kamu jarang bergerak dan hanya menetap di satu tempat, sehingga membuat bosan dan badan tidak sehat karena kurang gerak.

Cobalah setiap hari ambil beberapa menit dari jam kerja untuk bangun dari kursi dan melakukan gerakan-gerakan kecil seperti berjalan di sekitar ruangan.

7. Jangan Coba Mengubah Rekan Kerja Anda

Kamu tidak bisa mengubah siapa pun, kamu hanya perlu mengubah cara bergaul dengan mereka. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi kamu. Carilah cara untuk menyelesaikan konflik yang ada untuk mencegah situasi yang tidak nyaman.

8. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Sesekali beri hadiah untuk kerjaan yang kamu lakukan dan manjakan diri sendiri. Misalnya pergi makan malam dengan teman-teman, menonton film, berolahraga, atau manikur ke salon.

Hargai diri sendiri dengan melakukan hal yang kamu sukai, karena hal ini dapat mempengaruhi suasana hati saat berada di tempat kerjaan.

3 dari 3 halaman

Hirup napas panjang



 9. Hirup Napas Panjang

 Dalam gerakan yoga, melatih pernapasan bisa menenangkan pikiran, di mana kita menghirup napas panjang kemudian melepaskannya. Cobalah gerakan ini saat berada di kantor, berdiri dengan kedua kaki kamu, kemudian tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Lakukan gerakan ini berulang setiap hari selama 10 kali, agar pikiran kamu rileks.

10. Fokus untuk Selalu Berpikir Positif

 Identifikasi hal-hal yang kamu sukai di tempat kerja, bahkan pada hal-hal sederhana sekalipun seperti memikirkan rekan kerja atau melihat pemandangan dari jendela kantor.

Pola pikir dibuat oleh kamu sendiri. Jika kamu selalu fokus untuk berpikir yang positif, maka pekerjaan akan lebih menyenangkan. Sebaliknya jika kamu selalu khawatir dan berpikir negatif, akan menyebabkan kamu merasa kesusahan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.