Sukses

Pertamina Tambah Kapal Tanker Rp 152,4 Miliar

Rencananya kapal Transko Arafura melayani Pertamina Shipping.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menambah satu lagi armada kapal miliknya, untuk memperkuat armada kapal tanker pengangkut minyak‎. Nilai investasi pengadaan kapal tersebut mencapai US$ 11.728.000 atau setara Rp 152,4 miliar.

Direktur Utama PTK  Soebagjo Hari Moeljanto mengatakan, kapal small tanker bernama Transko Arafura‎ tersebut berkapasitas 3.500 LT DWT.

Kapal ini dirakit PT Drydock  World Pertama (DDW), sebagai perusahaan yang telah memenangkan tender pembangunan kapal milik PTK.

"Kapal ini merupakan kapal tanker pertama yang dibangun dan dimiliki PTK. Pembangunan kapal small tanker ini sudah disesuaikan dengan spesifikasi yang dibutuhkan pengguna dan telah disesuaikan dengan aturan terkini dari IMO, SOLAS, MARPOL, CLASS NK dan ISM," kata Subagjo di Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Rencananya Transko Arafura melayani Pertamina Shipping. Kapal jenis small tanker, ini nantinya akan dioperasikan di wilayah perairan Sumatera Bagian Utara atau Kalimantan dan sekitarnya.

"Transko Arafuru akan dioperasikan untuk mendukung kegiatan Pertamina Shipping dan ditargetkan memberikan kontribusi pendapatan bagi PTK sebesar Rp 31 miliar per tahun," ungkap dia.

Selain Transko Arafura, rencananya PTK juga akan melaksanakan delivery 1 unit  Oil Barge 1100 KL, bernama Transko Ranau yang dibangun PT Patria Maritim Perkasa.

Dengan bertambahnya armada kapalnya akan memperkuat bisnis PTK selaku anak usaha Pertamina dan meningkatkan eksistensi perusahaan untuk bersaing secara global di dalam bisnis pelayaran. (Pew/Nrm)                     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini