Sukses

Cara PNM agar Mahasiswa Melek Sektor UMKM

Tak banyak yang tahu bahwa sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) punya pengaruh besar terhadap roda perekonomian negara.

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu bahwa sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) punya pengaruh besar terhadap roda perekonomian negara. Edukasi mengenai hal ini harus dikenalkan ke generasi muda sejak dini.

Hal itu yang membuat BUMN PT Permodalan Nasional Madani (PNM) memberikan edukasi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia akan pentingnya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam menggerakkan roda perekonomian Negara.

PNM hadir sebagai pembicara dalam kegiatan kuliah umum yang digagas oleh Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia.

Kepala Divisi Perencanaan & Riset PT PNM (Persero), Sunar Basuki, yang hadir sebagai dosen tamu dalam kuliah umum bertajuk “Pasar & Lembaga Keuangan” tersebut mengharapkan para mahasiswa semakin menyadari betapa pentingnya UMKM dalam menghidupkan denyut perekonomian suatu Negara.

“e depannya kami berharap setelah mereka lulus nanti mampu memberikan perubahan kepada dunia UKM Indonesia untuk mampu bersaing dengan Negara-negara lain,” tuturnya dalam keterangan, Jakarta, Sabtu (15/10/2016).

Sementara itu, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Shalahuddin Haikal mengapresiasi kinerja PNM dalam menggelorakan semangat berwirausaha kepada masyarakat Indonesia. Menurutnya, apa yang telah dilakukan PNM dalam meningkatkan laju perekonomian negara melalui pemberdayaan pelaku UMK perlu diikuti oleh BUMN dan perusahaan swasta lain.

“Melihat kondisi perekonomian saat ini, saya selaku tenaga pendidik dan juga orang yang berkecimpung di dunia perekonomian optimis PNM mampu mewujudkan masyarakat yang madani melalui pemberdayaan Industri Mikro Kecil,” ujarnya

Kepala Bagian Corporate Communication PT PNM, Merphino Soelaksmono, mengatakan saat ini jumlah wirausahawan di Indonesia tak sebesar dengan negara tetangga di kawasan ASEAN ini. Namun keinginan masyarakat Indonesia untuk berwirausaha menempati urutan kedua setelah Filipina,

"Niatan sudah ada tinggal aplikasinya saja, PNM ingin menjadi bagian dalam mendorong wirausahawan menjadi nomor 1 dan dilihat hingga taraf internasional, disini lah kami ingin mengambil peran melalui beberapa program pengembangan yang bersifat edukasi,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, aktivitas seperti ini pernah dilakukan PNM beberapa bulan lalu bekerjasama dengan beberapa Universitas Negeri terkemuka di wilayah DKI dan Jawa Barat.

"Harapan ke depan dengan hadirnya PNM menjadi dosen tamu, dapat membuka cakrawala dengan memberikan pembekalan akan sektor Usaha Mikro Kecil bagi teman-teman mahasiswa yang memiliki tujuan berkarir di masa depannya dengan menjadi seorang wirausahawan," tambahnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.