Sukses

Pengusaha: Jonan dan Arcandra Duet yang Pas

APLSI menilai duet kedua profesional tersebut mampu menyelesaikan sejumlah permasalahan di sektor energi, khususnya kelistrikan.

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pembangkit Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyambut baik pelantikan mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Arcandra Tahar oleh Presiden Joko Widodo kemarin sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Wakil Menteri ESDM. APLSI menilai duet kedua profesional tersebut mampu menyelesaikan sejumlah permasalahan di sektor energi, khususnya kelistrikan.

"APLSI menyambut baik, apalagi keduanya merupakan profesional yang sudah memiliki legacy di bidangnya masing-masing,” ujar Ketua Harian APLSI Arthur Simatupang dalam keterangannya, Sabtu (15/10/2016).

Arthur mengatakan, Jonan merupakan sosok profesional yang berintegritas dan berprestasi sejak menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia. Jonan juga membuat berbagai terobosan di Kementerian Perhubungan.

“Makanya kami optimistis, semoga beliau juga mampu membuat banyak terobosan di sektor energi,” ujar Arthur.

Dikatakannya, di sektor kelistrikan, sejumlah persoalan menanti Jonan. Misalnya, bagaimana mendorong peran swasta nasional dan lokal lebih besar lagi dalam percepatan pembangunan infrastruktur listrik melalui program 35ribu MW.

“Program ini butuh banyak terobosan,” imbuh Arthur.

Senada dengan Arthur, Sekjen APLSI Priamanaya Djan mendukung Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM. Pria menilai Arcandra berada dalam posisi yang tepat untuk membantu tugas-tugas Menteri ESDM. “Pak Jonan pengalaman di birokrasi dan leadership, Arcandra kuat di riset dan konsep. Ini duet yang pas, saling melengkapi,” pungkas Pria.

Pria mengatakan, APLSI siap menjadi mitra strategis duet Jonan-Arcaandra untuk menyukseskan pembangunan infrastruktur listrik ke depan.

”APLSI siap memberi masukan dan mengupdate perkembangan di lapangan dalam pembangunan infrastruktur listrik oleh pihak swasta,” ujar Pria.

Pada bagian lain, Wakil Bendahara Umum APLSI Rizka Armadhana mengucapkan terima kasih atas pencapaian Plt Menteri ESDM Luhut B. Panjaitan selama memimpin ESDM dalam beberapa bulan ini. “Banyak hal yang beliau selesaikan dengan baik, ada semangat yang kuat dari beliau mendorong percepatan pembangunan infrastruktur listrik. Ini yang perlu dilanjutkan oleh menteri definitif,” ujar Rizka.

Mereka juga berharap dalam waktu dekat dapat bertukar pikiran dengan duet Jonan-Arcandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini