Sukses

‎Intip Mewahnya Kereta Kepresidenan RI

Kereta kepresidenan ini bisa dipakai Presiden Jokowi dan Wapres JK untuk berkunjung ke berbagai daerah di Jawa.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya pesawat kepresidenan yang menjadi moda transportasi andalan Presiden RI Joko Widodo dan Waklil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk berkunjung ke berbagai daerah di Pulau Jawa, namun juga ada Kereta Khusus Kepresidenan.

Jika pesawat kepresidenan dioperasikan oleh TNI-AU, Kereta Khusus Kepresidenan ini dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sampai saat ini Presiden Jokowi memang belum menggunakannya, baru Wapres JK yang menggunakannya pada awal tahun ini.



Kereta Khusus Kepresidenan ini terdiri dari beberapa rangkaian yang tiga diantaranya menggunakan tiga gerbong wisata Bali, Toraja dan Nusantara.

Tiga gerbong ini merupakan jenis yang termewah yang dimiliki oleh PT KAI dan digunakan untuk VVIP selama perjalanan. Sedangkan untuk Paspampres menggunakan gerbong K1 (Kelas Eksekutif).


Lalu, bagaimana kemewahan Kereta Khusus Kepresidenan ini? Berikut penampakannya :

1. ‎Kereta Bali, Toraja dan Nusantara memiliki fasilitas yang cukup mewah, ruang makan, mini bar, ruang meeting, ruang karaoke, bahkan ruang istirahat layaknya sebuah kamar VVIP

2. Setiap gerbong wisata ini memiliki kapasitas‎ yang berbeda-beda. Setiap gerbongnya sudah dilengkapi dengan CCTV.



3. Meski tidak selalu digunakan, KAI selalu merawat gerbong Kereta Khusus‎ Kepresidenan ini di Dipo Perawatan Manggarai.

4. Mengenai pengamanan, Kereta Khusus Kepresidenan ini juga dikawal oleh RailOne.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini