Sukses

SPBU Mana yang Jual BBM Termurah, Pertamina, Shell atau Total‎?

Cek daftar harga BBM terbaru di SPBU Pertamina, Shell dan Total.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero), PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia merupakan tiga perusahaan pemasok Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, khususnya wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Ketiga perusahaan itu saling bersaing untuk menjual harga BBM non subsidi.

BBM non subsidi yang dijual ketiga perusahaan itu setiap dua minggu sekali selalu disesuaikan dengan harga pasar. Lalu, siapa diantara ketiga perusahaan yang menjual BBM non subsidi paling murah?

Dari hasil pantauan Liputan6.com di tiga SPBU tersebut, Pertamina menjual BBM yang paling murah. Untuk harga Pertamax dibanderol seharga Rp 7.350 per liter, Pertamax Turbo Rp 8.700 per liter, Pertamina Dex Rp 8.100 per liter dan Pertalite Rp 6.900 per liter.

"Harga ini belum berubah lumayan lama, sudah satu bulanan kalau tidak salah. Biasanya kalau yang non subsidi itu per dua minggu berubah saja, awal bulan dan pertengahan gini," kata petugas SPBU 31.12702 yang berada di Jl Mampang Prapatan, Sutaryono saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (16/10/2016).

Sementara untuk Shell, harga BBM jenis Super yang memiliki Ron 92, dijual seharga Rp 7.650‎ per liter. Sedangkan V-Power Rp 8.850 per liter dan Diesel Rp 8.450 per liter. Ketiga jenis BBM ini juga belum mengalami perubahan sejak awal bulan Oktober.

Berbeda dengan perusahaan minyak asal Prancis, Total. Di SPBU Total nampaknya sudah meng-update harga BBM pada minggu lalu. Semua jenis BBM yang dijual mengalami penurunan masing-masing 50 per liter.

"Semuanya turun Rp 50 per liternya, ini sudah satu mingguan yang lalu," ujar petugas SPBU Total di Jl Warung Buncit Raya, Anton.

Di SPBU Total, harga Performance 92 dipatok Rp 7.550 per liter, Performance 95 seharga Rp 8.550 dan Perfomance Diesel Rp 8.350 per liter. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.