Sukses

Pekerjaan Menumpuk, Jonan dan Arcandra Harus Kerja Keras

Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan menjadi Menteri ESDM dan Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM pada Jumat 14 Oktober 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar harus bekerja keras menyelesaikan permasalahan sektor energi dan sumber daya mineral.

Pengamat Energi Pri Agung Rakhmanto mengatakan Jonan dan Arcandra merupakan orang baru yang berkecimpung pada sektor tersebut di Indonesia. Karena itu, mereka harus bisa cepat beradaptasi.

"Dua-duanya relatif orang baru di lingkungan ESDM Indonesia," kata Pri Agung, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Menurut dia, adaptasi dengan cepat harus dilakukan agar memahami isu yang ada. Apalagi keduanya dituntut bekerja keras untuk ‎menyelesaikan permasalahan yang sudah menumpuk dengan cepat dan tepat.

Untuk diketahui, setelah Candra dicopot dari jabatan Menteri ESDM sekitar dua bulan lalu, jabatan tersebut diisi oleh Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan.

"Butuh cepat adaptasi dan kerja ekstra keras, untuk belajar menguasai isu-isu dan sekaligus langsung menangani tumpukan pekerjaan yang memang sudah butuh penanganan segera," ujar Pri Agung.

Terkait penunjukan Jonan dan Arcandra, Pri Agung memandang hal tersebut sudah menjadi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sehingga tidak perlu diributkan lagi. Saat ini yang menjadi prioritas adalah mengerjakan pekerjaan yang sudah lama menumpuk.

"Jadi ya tidak ada gunanya juga dibahas tugas penunjukan ini sebenarnya. Silakan langsung bekerja saja bagi keduanya‎," ucap Pri Agung.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

"Ignasius Jonan diangkat Menteri ESDM selama sisa periode 2014 hingga 2019. Mengangkat Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM," kata Jokowi.

Dalam sumpah jabatan, Ignasius Jonan dan Arcandra tahar berjanji akan menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjaga integritas, dan tidak akan menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Jonan dan Arcandra bersama.

Ignasius Jonan adalah pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan yang digantikan Budi Karya pada 27 Juli 2016. Sedangkan Arcandra Tahar pernah menjabat jadi Menteri ESDM.

Namun Arcandra hanya menempati posisi itu selama 20 hari karena tersandung skandal kedwinegaraan. Archandra diberhentikan dari posisi Menteri 15 Agustus 2016. (Pew/Gdn)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini