Sukses

4 Cara Bijak Pakai Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit menjadi gaya hidup masyarakat di era modern.

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini orang-orang banyak sekali yang menggunakan kartu kredit. Karena sekarang cukup mudah untuk mendapatkan kartu kredit.

Caranya tinggal mendatangi bank tujuan dan lengkapi persyaratan yang ada. Hanya dengan memiliki pendapatan minimal Rp 3 juta, Anda sudah bisa mengajukannya. Jadi, bisa dibilang kartu kredit sudah merupakan gaya hidup masyarakat di era modern ini.

Sudah banyak orang, menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi, terutama untuk memanfaatkan promo-promonya.

Sebenarnya kartu kredit bukan hanya itu saja kegunaannya. Kartu kredit bisa juga kita gunakan untuk hal-hal berikut seperti dikutip dari www.cermati.com, Selasa (18/10/2016):

1.    Belajar Kelola Uang

Jika menggunakan kartu kredit, tentunya kita akan menerima laporan penggunaannya setiap satu bulan. Anda bisa belajar mengelola keuangan dari setiap laporan kartu kredit tersebut.

Anda akan memiliki gambaran seberapa besar penggunaannya, jika terlalu besar, sebaiknya penggunaannya dikurangi. Karena sebagus apapun promo yang diberikan, pada dasarnya akan membuat Anda berutang pada bank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanja Lebih Murah

2. Belanja lebih murah

Ketika Anda ingin membeli suatu barang dan ternyata di toko tersebut membuka cicilan 0 persen, maka tak ada salahnya Anda membayar dengan menggunakan kartu kredit.

Karena dengan cicilan 0 persen, Anda tidak akan dibebani tambahan bunga yang bisa menyulitkan pembayaran cicilan.

Atau, Anda bisa mendapatkan potongan harga ketika belanja dengan menggunakan kartu kredit. Namun perhatikan persyaratannya, terutama mengenai minimal transaksi, kalau terlalu tinggi lebih baik promo itu tidak dimanfaatkan karena bisa membuat Anda membeli produk yang tidak diperlukan.

3.    Penyelamat Tagihan

Kartu kredit selain digunakan untuk berbelanja secara kredit ternyata mempunyai fungsi sebagai penyelamat tagihan yang kita punya.

Sebut saja tagihan listrik, air, dan telepon yang terkadang kita suka sulit membayarnya karena terbentur dengan kesibukan. Dengan menggunakan kartu kredit kita bisa membayar semua tagihan dengan mudah dan cepat.

3 dari 3 halaman

Keunggulan Berbeda

4.    Keunggulan yang berbeda

Setiap kartu kredit yang mempunyai fitur yang berbeda-beda. Jika Anda mempunyai kartu kredit lebih dari satu, maka sebaiknya mencari fitur kartu kredit yang bagus dan memberi banyak keuntungan.

Jika Anda memakai kartu kredit A dengan keuntungan bebas biaya cicilan saat tahun pertama maka carilah keuntungan kartu kredit yang memiliki fitur lain tapi memberikan keuntungan yang bagus untuk anda. Penting juga untuk memilih kartu kredit dari bank yang terpercaya, agar data tentu Anda tidak dibobol oleh pelaku kejahatan.

Kartu Kredit Memberi Banyak Keuntungan

Kartu kredit itu sebenarnya multifungsi tapi banyak manusia yang belum mengetahui fungsi-fungsi lain dari kartu kredit. Kebanyakan dari kita hanya tahu kartu kredit itu hanya untuk berbelanja. Padahal banyak pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil seperti bisa mengelola keuangan dengan baik. (Ahm/Ndw)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.