Sukses

Menteri Jonan: Gaji Saya dengan Pak Arcandra Beda Tipis

Presiden Jokowi melantik Ignasius Jonan menjadi Menteri ESDM dan Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM pada Jumat, 14 Oktober 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan gajinya dan gaji Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar tidak jauh berbeda. Hal tersebut dia ungkapkan saat diberondong beragam pertanyaan terkait sektor ESDM oleh wartawan usai serah terima jabatan (sertijab).

"Tanya ke Pak Arcandra dong, gaji saya sama dia beda tipis," ujar dia di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/10/2016). Sebelumnya, Jonan memang mengakui belum tahu secara mendetail soal sektor ESDM. ‎Oleh sebab itu, ia masih belum bisa menjawab pertanyaan yang bersifat teknis.

"Yah kalau baru masuk hari pertama sertijab, kalau pertanyaan begitu nanti saja deh. Jadi teman-teman wartawan jangan tanya yang sulit-sulit dulu. Ini baru sertijab," lanjut dia.

Terkait dengan alasan pengangkatan sebagai Menteri ESDM‎, Jonan mengatakan hal tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya tidak tahu kenapa saya dulu diberhentikan terus diangkat, itu kewenangan Presiden," tandas dia.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM di Istana Negara, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2016.

"Ignasius Jonan diangkat Menteri ESDM selama sisa periode 2014 hingga 2019. Mengangkat Arcandra Tahar menjadi Wakil Menteri ESDM," kata Jokowi.

Dalam sumpah jabatan, Ignasius Jonan dan Arcandra tahar berjanji akan menjalankan tugas jabatan dengan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Bahwa saya akan menjaga integritas, dan tidak akan menyalahgunakan kewenangan serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela," kata Jonan dan Arcandra bersama.

Ignasius Jonan pernah menjadi Menteri Perhubungan yang digantikan Budi Karya pada 27 Juli 2016. Adapun Arcandra Tahar pernah menjabat jadi Menteri ESDM.

Namun Arcandra Tahar hanya menempati posisi itu selama 20 hari karena tersandung skandal kedwinegaraan. Archandra diberhentikan dari posisi Menteri 15 Agustus 2016. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini