Sukses

8 Ide Bisnis Unik yang Bisa Bikin Anda Jadi Orang Kaya

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis merupakan salah satu jalan untuk meraih rezeki. Salah satu enaknya berbisnis adalah tidak semua pekerjaan menuntut kita untuk tetap berada di kantor sepanjang hari dan sepanjang tahun.

Membuka usaha bisa memberikan seseorang kebebasan keuangan dan waktu yang tidak didapatkan oleh pekerja kantoran.

Untuk membuka usaha, Anda bisa mencontoh jenis usaha yang sudah banyak dilakukan orang dan terbukti mendatangkan penghasilan yang lumayan besar, bahkan melebihi pegawai kantoran.

Beberapa alternatif bisnis di bawah ini memang berasal dari luar negeri, namun tak ada salahnya anda mengamati, meniru dan memodifikasi hingga bisa dijalankan di Indonesia dan siapa tahu bisa mengantar Anda menjadi jutawan baru.

Bingung memilih jenis usaha kerap dialami oleh orang yang baru akan membuka usaha. Apabila Anda membutuhkan ide usaha yang belum banyak dilakukan, Anda bisa meniru orang-orang di bawah ini. Dengan jenis usaha yang unik, mereka sukses menjadi jutawan seperti dikutip dari cermati.com, Kamis (20/10/2016):

1. Membuat Kacamata Khusus Anjing

Fashion modern tidak hanya untuk manusia saja, namun hewan kesayangan seperti anjing dan kucing juga menjadi market fashion yang sangat menguntungkan. Hal ini berlaku pada perusahaan pembuat kacamata khusus anjing. Ya, kacamata anjing. Meskipun terkesan kurang penting, namun peminatnya sangat banyak, dan bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jual Selai

2. Bisnis Menyekop Kotoran Anjing

Di Amerika, dan negara-negara Eropa, anjing adalah hewan peliharaan yang umum dimiliki setiap orang. Namun, membawa anjing jalan-jalan di taman atau tempat umum kadang menimbulkan masalah dengan kebiasaan buang air besar anjing yang seringkali membuat si majikan malas membersihkan.

Hal inilah yang memberikan ide pada Matthew Osborn yang membuka bisnis menyekop kotoran anjing yang hingga saat ini sukses membuatnya memiliki 3000 pelanggan.

3. Menjual Selai Resep Nenek yang sudah Terbukti secara Turun Temurun

Resep masakan nenek seringkali membuat selera makan tergoda dan luapan rasa ingin makan sulit untuk dihentikan. Fraser Doherty tertarik untuk mencoba menjual selai buatan neneknya. Tidak disangka, saat ini dia memiliki perusahaan yang menjual 500 ribu selai setiap tahunnya dan sahamnya mencapai US$ 2 juta.

4. Membuat Wishbones (Tulang Permohonan) untuk acara Thanksgiving tahunan

Wishbones adalah salah satu bagian penting dari acara Thanksgiving tahunan di Amerika. Dalam perayaan tersebut, orang yang mendapatkan Wishbones bisa memanjatkan harapannya, dan banyak yang sampai terkabul.

Namun, hanya ada dua Wishbones dalam setiap Thanksgiving, sehingga banyak orang yang tidak mendapatkannya. Hal inilah yang memicu Ken Ahroni untuk membuat Wishbones.

Tak disangka, respons pasar menyukai ide bisnis ini dan hingga saat ini Ken berhasil membukukan penjualan hingga Rp 32,5 miliar setiap tahun.

3 dari 4 halaman

Bantal Microwave

5. Membuat Bantal “Microwave”, Bantal berisi jagung dan dimasukkan ke dalam microwave

Bantal yang selama ini kita kenal terbuat dari kapuk atau busa. Namun, Kim Levine membuat bantal “Microwave”, yakni bantal berisi jagung dan dimasukkan ke dalam microwave.

Pada awalnya, si anak menyukai bantal buatan Kim Levine ini, hingga perlahan semakin banyak orang yang menginginkan bantal ini agar anaknya bisa tidur dengan nyenyak. Pada akhirnya, Kim sukses menjadi miliuner dengan bantalnya yang banyak dijual di toserba-toserba.

6. Menjual Piksel dalam Sebuah Homepage

Piksel biasanya berupa logo atau gambar yang bisa digunakan di dalam blog atau untuk keperluan lain. Meskipun tampak tidak bernilai, namun Alex Tew berhasil menjadikan piksel sebagai jalan untuk menjadikannya orang kaya.

Pada 2005, dia membuat website milliondollarhomepage.com yang menjual piksel. Ternyata banyak yang tertarik untuk membelinya, hingga Alex bisa menghasilkan 1 juta dolar lebih dari usahanya ini.

4 dari 4 halaman

Jasa Pembuatan Surat Izin Tak Masuk Kerja

7. Menyediakan Jasa Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kerja/Sekolah

Jasa membuat surat izin tidak masuk sekolah atau kerja memang terkesan aneh. Namun, Excused Absence Network membuka jasa lewat websitenya untuk membuat surat izin seharga 25 dolar. Hingga saat ini Excused Absence Network sudah bisa mengantongi 195 juta rupiah dalam sebulan.

8. Menjual Cartridge Tinta Printer yang Terjangkau

Pada zaman era komputer baru dimulai, harga perlengkapan komputer berharga mahal. Demikian juga untuk printer. Father McCoy yang kala itu kesal karena printernya habis, mencoba membeli cartridge, namun dia mendapati harganya mahal.

Hal inilah yang mendasari untuk menjual cartridge dengan harga yang terjangkau hingga akhirnya dia sukses dan berhasil mengumpulkan kekayaan hingga US$ 32,5 miliar pada 2005. (Ahm/ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.