Sukses

Cara Membuka Toko Online Agar Berjalan Lancar

Liputan6.com, Jakarta - Online shop atau toko online, siapa yang tidak tahu tempat berjualan di era digital ini. Sudah banyak toko online yang sudah berjalan saat ini.

Hal ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam waktu cepat. Selain itu, kebanyakan orang lebih memilih berbelanja di toko online karena kemudahan dan efisien waktu.

Dengan segala keunggulannya, tentu ada di antara kita yang mungkin tertarik untuk membuka toko online. Walaupun sudah banyak sekali toko online yang berjalan sekarang ini, tapi ini adalah sebuah kesempatan besar karena pasar masih terbuka lebar.

Berikut ini adalah tips-tips buat teman-teman yang mau membuka toko online, seperti dikutip dari www.cermati.com, Rabu (19/10/2016):

1.Tentukan Apa Yang Ingin Dijual

Hal terpenting sebelum membuka toko online adalah menentukan apa yang akan Anda jual. Jika Anda mahir membuat kerajinan barang buatan tangan maka ada baiknya menjual hasil kerajinan itu.

Selain bisa menentukan harga dengan mudah, Anda juga lebih leluasa berkreasi karena itu adalah buatan Anda sendiri.Jika Anda tidak punya keahlian itu, maka Anda bisa mencari distributor barang yang membuka reseller.

Tentunya reseller mempunyai harga khusus atau lebih murah. Lalu barang yang dibeli tadi bisa dijual di toko online anda. Pastikan Anda menarik kontak-kontak distributor tangan pertama agar anda mendapatkan harga yang lebih murah.

Tidak harus berjualan kerajinan, Anda juga bisa menjual berbagai macam produk seperti baju, aksesoris, sepatu, ataupun gadget.

1 dari 3 halaman

Tentukan Target Pasar

2. Tentukan Target Pasar

Penting untuk menentukan target pasar sebelum memulai bisnis online. Apakah Anda mau menjual kepada orang tua, remaja, atau anak-anak. Karena salah satu syarat bisnis yang baik adalah jelas segmen pasarnya. Perhatikan juga lingkungan Anda. Pastikan Anda membuat promo-promo yang menarik yang membuat online shop selalu dikunjungi oleh orang-orang.

3. Buat Rekening Semua Jenis Bank

Buatlah rekening untuk toko online di banyak bank, terutama yang digunakan oleh banyak orang. Tujuannya adalah agar para pembeli di toko online bisa bertransaksi dengan mudah. Dengan begitu, mereka tidak harus dikenakan biaya administrasi antar bank saat melakukan transfer.

4. Tentukan Situs Berjualan

Jika Anda ingin membuka online shop tentunya harus mempunyai lapak untuk berjualan. Anda bisa mendapatkan lapak-lapak untuk membuka online shop dengan mudah.

Contohnya Anda bisa membuat website gratis di blogger ataupun di wordpress. Alangkah baiknya jika online shop anda sudah menggunakan domain .com. kenapa harus domain .com?

Karena itu paling gampang diingat oleh orang-orang. Jika anda tidak ingin membuat website, Anda bisa berjualan di aplikasi-aplikasi toko online yang sudah besar namanya dan dikenal banyak orang. Biasa aplikasi-aplikasi  itu memberikan akses gratis untuk anda berjualan.

2 dari 3 halaman

Pembeli adalah Raja

5. Promosi dan Manfaatkan Online Shop

Penting sekali untuk melakukan promosi toko online. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan online shop anda kepada orang-orang. Anda bisa memulai dengan mempromosikan toko online di laman sosial media seperti facebook, twitter, atau instagram. Bahkan instagram sekarang menjadi sarana berjualan yang sangat ramai sekarang.

6. Pembeli adalah Raja

Ungkapan itu memang benar. Jadi cobalah dengarkan pelanggan Anda. Perhatikan kritik dan saran mereka. Tujuannya adalah untuk menjadikan toko online Anda menjadi lebih baik. Jangan sampai  kehilangan pelanggan hanya karena kesalahan kecil.

7. Ramah

Penting sekali untuk ramah kepada pelanggan Anda. Ini merupakan modal terpenting untuk Anda. Jika ramah dan sabar kepada pelanggan Anda, mereka pasti akan membeli lagi di toko online Anda. (Ndw/Ahm)