Sukses

Sam Walton, Penjual Susu yang Sukses Bangun Bisnis Supermarket

Berkat ketekunan dan kerja keras semasa hidup, perusahaan Walmart miliknya mampu menjadi salah satu toko ritel terbesar di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Nama Sam Walton mungkin tidak asing lagi di dunia bisnis. Walau sosoknya telah meninggal dunia, namanya tetap dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses sepanjang masa. Berkat ketekunan dan kerja keras semasa hidup, perusahaan Walmart miliknya mampu menjadi salah satu toko ritel terbesar di dunia.

Sebelum bisa sukses, Sam Walton harus menjalani hidup yang tidak mudah. Sam Walton kecil tumbuh saat depresi ekonomi melanda Amerika Serikat.

Melansir Business Insider, (20/10/2016) sejak kecil ia terbiasa membantu ekonomi keluarganya. Dia menjual susu perahan dan membotolkannya kemudian mengantarkannya pada pelanggan. Selain menjual susu, ia juga bekerja sebagai pengantar koran untuk mendapat uang tambahan.

Walau harus bekerja keras, Walton sadar bahwa pendidikan merupakan hal yang penting dalam hidup. Ia terus belajar dan menyelesaikan pendidikannya hingga lulus sebagai sarjana Ekonomi dari University of Missouri di tahun 1940.

Hanya berselang 3 hari setelah kelulusannya, ia kemudian bekerja di J.C Penney yaitu toko ritel yang cukup besar di Amerika Serikat. Lewat pengalaman ini lah Sam Walton banyak mendapatkan ilmu dan pengalamannya di bidang bisnis ritel.

Setelah bekerja selama 18 bulan, ia berhenti tahun 1942 dengan alasan militer. Ia masuk militer di unit intelijen Angkatan Darat Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membangun bisnis

Seusai Perang Dunia ke-II, Walton tidak lagi berprofesi sebagai tentara. Bersama dengan adiknya, James, dia akhirnya memberanikan diri mendirikan sebuah toko waralaba di Newport, Arkansas yang mereka beri nama Ben Franklin.

Kedua kakak beradik ini sukses memperbanyak toko menjadi 15 cabang. Hanya saja, Walton tidak gembira karena usahanya masih belum bisa menembus pasar di pedesaan. Berbekal keberanian, ia pun bergerak dan memutuskan untuk membangun usahanya sendiri.

Pada 1962 Walton membuka toko Walmart pertama di Rogers, Arkansas. Sukses diraihnya dengan cepat saat itu. 14 tahun kemudian, Wal-Mart menjadi perusahaan publik dan mampu melantai di bursa

Sam Walton berhasil meraih sukses yang diinginkan. Visinya tentang sebuah toko ritel diskon di daerah pedesaan berhasil diwujudkannya.

Sam Walton wafat pada 5 April 1992 akibat penyakit kanker tulang sumsum dan leukimia yang dideritanya. Sebelum meninggal, ia berhasil menerima penghargaan Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat atas kesuksesan yang dicapainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini