Sukses

‎2 Tahun Jokowi-JK, Menperin Kejar Penurunan Harga Gas Industri

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan pada 2 tahun berjalannya pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan. Salah satunya yaitu soal penurunan harga gas industri.

Airlangga mengungkapkan, penurunan harga gas ini merupakan isi dari paket kebijakan ekonomi jilid III yang dirilis oleh pemerintah pada Oktober 2015 lalu. Namun hingga saat ini, penurunan harga tersebut masih belum terealisasi.

"Tekan paket (kebijakan ekonomi) III soal harga energi. Masalah gas sudah ada Perpes (Peraturan Presiden) 40 Tahun 2016. Kita dorong 13 paket sangat berkait dengan industri paket III," ujar dia usai menghadiri Kongres Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) 2016 di Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Selain harga gas, masih ada sejumlah PR di sektor industri yang harus diselesaikan oleh pemerintah dalam waktu 3 tahun ke depan. ‎Contohnya soal kredit bagi sektor industri dalam jangka panjang.

"Ke depannya kejar pembiayaan industri jangka panjang, implementasi vokasi training, digital ekonomi, pendalaman struktur perbankan,"‎ tandas dia.