Sukses

PGN Beri Layanan Khusus Buat Rumah Sakit yang Pakai Gas Bumi

Oleh rumah sakit, gas bumi digunakan untuk memasak makanan para pasien, perawat, dan dokter.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memberi layanan tambahan kepada rumah sakit (RS) di Jakarta yang menggunakan gas bumi. Rumah sakit tersebut adalah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, RS Cipto Mangunkusumo, RS Santo Carolus, RS Thamrin, RS Bunda, RS Jakarta, RS Tebet, dan RS YPK Mandiri.

Sales Area Head Jakarta PGN Sabaruddin mengatakan, terdapat 10 rumah sakit di Jakarta yang selama bertahun-tahun menggunakan gas bumi dari PGN, salah satunya RSPAD Gatot Subroto. Oleh rumah sakit, gas bumi digunakan untuk memasak makanan para pasien, perawat, dan dokter.

"Selama 30 tahun RSPAD Gatot Subroto menggunakan gas bumi dari PGN dan hari ini kami memberikan layanan khusus kepada pelanggan rumah sakit yang pakai gas bumi PGN di Jakarta," kata Sabaruddin, di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Layanan khusus tersebut berupa pemeriksaan, perawatan, leak test dengan methane detector, penataan alat kerja pelanggan, hingga pengecatan pipa-pipa gas milik pelanggan rumah sakit.

"PGN area Jakarta akan terus mengembangkan jaringan distribusi gas bumi yang bersih, efisien, mudah dan aman ke seluruh segmen pengguna gas Jakarta," ungkap Sabaruddin.

Direktur Pembinaan Penunjang Umum RSPAD Gatot Subroto, Kolonel CKM Jajang Edy Priyanto, menambahkan, PGN telah memberikan layanan pasokan gas bumi selama 30 tahun lebih.

Saat ini gas bumi PGN digunakan RSPAD Gatot Subroto untuk kebutuhan memasak rata-rata sebanyak 800 pasien setiap hari.

"Pasien, perawat, dokter dan pekerja di sini makan tiga kali sehari, pagi-siang-malam, artinya hampir 24 jam dapur di RSPAD Gatot Subroto selalu beroperasi," katanya.

Jajang menambahkan lagi, saat ini RSPAD Gatot Subroto telah mendapat predikat sebagai rumah sakit kepresidenan. Predikat tersebut bukan berarti rumah sakit tersebut hanya presiden atau keluarga presiden saja yang boleh dilayani oleh RSPAD Gatot Subroto.

"Rumah Sakit Kepresidenan itu artinya, seluruh masyarakat yang jadi pasien di rumah sakit ini mendapatkan layanan seperti layanan ke presiden. Dan banyak yang tidak tahu, kalau RSPAD Gatot Subroto telah menjadi rujukan rumah sakit di dunia, terutama bagi para penderita stoke," terangnya.

Selain RSPAD Gatot Subroto, PGN juga memberikan layanan khusus ini kepada RS Cipto Mangunkusumo, RS Santo Carolus, RS Thamrin, RS Bunda, RS Jakarta, RS Tebet, dan RS YPK Mandiri.

Sabaruddin mengatakan, ​PGN di Jakarta kini telah memasok gas bumi sebanyak 14.964 pelanggan, terbagi dari 14.568 pelanggan rumah tangga, 135 pelanggan kecil, 106 pelanggan komersial dan 155 pelanggan industri dan pembangkit listrik.

Sedangkan secara nasional, PGN memasok gas bumi ke lebih dari 116.600 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.900 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.580 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Dalam melayani pelanggan tersebut, Pipa PGN Jakarta saat ini telah membentang sepanjang 584 km di penjuru Jakarta. Adapun secara nasional, panjang pipa gas PGN mencapai lebih dari 7.200 km. Jumlah ini setara 78 persen pipa gas bumi di seluruh Indonesia. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

  • Gas Bumi PGN

Video Terkini