Sukses

Pasokan Tersendat, Harga Cabai Tembus Rp 60 Ribu per Kg

Saat ini, cabai keriting merah dijual dengan harga Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai melonjak drastis di pasar tradisional. Saat ini, cabai keriting merah dijual dengan harga Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu per kg, sementara harga cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 50 ribu per kg.

Salah satu pedagang di Pasar Mampang Prapatan, Sriyati (49), mengatakan harga cabai keriting dan rawit merah naik mulai 4 hari kemarin. Kenaikannya mencapai Rp 20 ribu per kg hingga Rp 25 ribu per kg.

Sebelumnya, cabai keriting merah dijual dengan harga Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kg. Sedangkan cabai rawit merah dijual dengan harga Rp 30 ribu per kg.

"Cepat banget naiknya, padahal kalau Lebaran tidak seperti ini," kata dia kepada Liputan6.com di Pasar Mampang Prapatan Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Dia tak bisa memastikan penyebab kenaikan harga cabai tersebut. Namun, dia menyebut kenaikan tersebut disebabkan menurunnya pasokan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Tidak ada barang masuk, langsung tinggi. Biasanya pagi, malam, siang beda-beda harganya. Kalau tidak ada barang, jadi mahal," kata dia.

Harga cabai keriting merah di Pasar Induk telah mencapai Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu per kg. Lalu, cabai rawit merah telah mencapai Rp 38 ribu per kg.

Tingginya harga komoditas pangan juga tampak pada bawang merah dan bawang putih. Keduanya, saat ini berada pada kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu per kg. "Sekarang memang lagi pada mahal," tandas dia.

Berikut pantauan harga pasar Liputan6.com:

Cabai keriting merah Rp 60 ribu per kg
Cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg
Bawang merah Rp 35 ribu per kg
Bawang putih Rp 35 ribu per kg
Kol Rp 6 ribu per kg
Wortel Rp 10 ribu per kg
Sawi Rp 8 ribu per kg
Daun bawang Rp 20 ribu per kg
Tomat Rp 12 ribu per kg
Seledri Rp 30 ribu per kg.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini